Di Tengah Kota Tangsel, Desa Wisata Kranggan Sajikan Kelestarian Alam

oleh -49 views
645882e3be73b30097533708
Foto : Dok. Menparekraf

Panennews.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memiliki kesan tersendiri saat melakukan visitasi 75 terbaik Anugerah Desa Wisata Alam Indonesia 2023.

Salah satunya saat ke Desa Wisata Keranggan, Setu, yang berada di tengah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten.

Menparekraf Sandiaga di Kota Tangsel, Banten, Minggu (07/05/2023), mengatakan dirinya tidak menyangka bahwa di tengah kota dengan pembangunan yang pesat di Kota Tangerang Selatan Banten, ada desa wisata yang asri yang menyajikan kelestarian alam dan budaya yakni Desa Wisata Keranggan.

“Desa wisata ini menghadirkan kearifan lokal dari masyarakat setempat, di tengah-tengah kota kita masih bisa temui suasana asri serasa di tengah-tengah pedesaan. Ini bisa jadi inspirasi untuk kita kembangkan. Mudah-mudahan ini bukan hanya sekadar membangun desa tapi juga desa wisata membangun Indonesia,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Baca Juga :   Desa Wisata Lantebung Di Makassar, Sajikan Keindahan Hutan Bakau

Selain itu, Menparekraf Sandiaga juga mengatakan desa wisata dengan nama lain Kampung Ekowisata Keranggan sudah ada sejak dulu.

Lebih lanjut, bahkan sudah ada beberapa Menteri yang pernah singgah ke sini. Seperti Menteri Negara Penyempurnaan dan Pembersihan Aparatur Negara Emil Salim pada masa Pemerintahan Presiden Soeharto yang juga sudah meninjau desa ini.

“Lantaran desa wisata ini menyumbangkan beberapa sumber daya alam yang melimpah. Selain itu ada Menteri Hadi Tjahjanto yang makan ikan cere khas desa sini. Jadi desa ini sudah ada sejak lama dan menjadi daya tarik tersendiri dan menarik sekali ini perkembangannya,” kata Sandiaga

Baca Juga :   Menparekraf Ungkapkan Earth Festival 2022 Dorong Pariwisata Berkualitas

Sementara itu, Kampung Ekowisata Keranggan nama lain dari Desa Wisata Keranggan merupakan satu- satunya wisata berbasis masyarakat di kota Tangsel yang dikelola oleh Pokdarwis dan sudah terintegrasi antara lain memiliki alam wisata yang masih asri di sepanjang susur sungai Cisadane.

“Saya akan mendorong desa-desa di daerah Banten masuk ke dalam jaringan UNWTO, karena Indonesia sudah memiliki pengalaman salah satu desanya masuk dalam jajaran desa wisata terbaik di dunia pada keindahan alamnya yaitu Desa Wisata Nglanggeran dan juga kita pernah punya desa wisata terbersih di dunia yaitu Desa Wisata Penglipuran di Bali. Kita cari apa yang benar-benar unik di Banten untuk di bawa ke tingkat dunia,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.