Gandasuli, Tumbuhan Rempah Yang Berkhasiat Sebagai Obat

oleh -170 views
istockphoto-1423956001-170667a28
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Gandasuli merupakan salah satu jenis tumbuhan rempah-rempah yang dapat tumbuh pada wilayah iklim tropis. Di Indonesia, biasanya tumbuhan ini sangat mudah ditemukan pada wilayah Jawa hingga Sumatera.

Tumbuhan dengan nama Ilmiah Hedychium Coronarium ini diduga berasal dari Himalaya yang hingga saat ini sudah menyebar pada wilayah-wilayah tanah tropis termasuk Indonesia, biasanya dapat tumbuh pada dataran rendah maupun dataran tinggi.

Secara morfologi, tumbuhan ini memiliki bentuk rumpun dengan ukuran panjang yang berkisar antara 2 meter, biasanya tumbuhan ini dilengkapi dengan batang sejati yang memiliki tinggi berkisar 40 cm. Adapun diantara batang tersebut didapatkan bunga berwarna putih yang memiliki 4 kelopak bunga, biasanya bunga tumbuhan ini memiliki aroma harum seperti bunga kebanyakan.

Baca Juga :   Mengenal Tiga Varietas Jahe Di Indonesia

Selain itu, tumbuhan gandasuli ini juga memiliki daun berwarna hijau dengan bentuknya cenderung memanjang, biasanya daun tersebut pada bagian bawahnya terdapat bulu-bulu halus dengan tangkai daunnya yang berlidah. Namun, pada sisi lain banyak dari kalangan masyarakat menggunakan bagian daunnya untuk dijadikan bumbu atau pun rempah-rempah.

Sementara itu, beberapa bagian dari tumbuhan rempah gandasuli ini seperti batang, bunga, hingga daunnya disinyalir memiliki kandungan senyawa yang tergolong baik serta berkhasiat untuk kesehatan. Adapun kandungan senyawa tersebut meliputi tannin, saponnin, flavonoid, dan juga polifenol. Oleh sebab itu, banyak dari kalangan masyarakat menggunakannya sebagai obat tradisional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.