Mengenal Tiga Varietas Jahe Di Indonesia

oleh -673 views
Ilustrasi Jahe Foto pinterest
Ilustrasi Jahe - Foto : pinterest

Panennews.com – Jahe (zingiber officinale) yang termasuk kedalam keluarga rempah – rempah ini tidak hanya populer di indonesia tetapi juga sudah mendunia. Kegunaanya yang beragam dari pelengkap bumbu masakan hingga menjadi obat berbagai penyakit. Tanaman ini bisa memberikan rasa pedas dan hangat pada makanan.

Jahe dipercaya berasal dari India melalui perdagangan sejak jaman kolonial yang tersebar hingga Asia Tenggara dan sekitarnya. Pada saat ini jahe sudah mulai menjadi komoditas yang populer di Eropa. Pilihan jenisnya pun beragam, lebih kurang bisa kita temui tiga jenis jahe yang ada dipasaran.

Jahe Gajah/Jahe Badak

Jahe jenis ini merupakan kegemaran dari pasar internasional. Ciri khas jahe gajah adalah memiliki ruas rimpang yang gemuk dan menggembung. Jahe jenis ini sebenarnya tidak memiliki rasa maupun aroma yang kuat.

Baca Juga :   Kelurahan Belawan Bahari Belajar Cocok Tanam Hidroponik

Rimpang dan bagian dalam jahe gajah berwarna putih. Bentuk maupun tekstur dari serat jahe ini lebih kecil dan lembut dibandingkan jahe merah atau kuning.

Jahe Kuning

Jahe jenis ini paling banyak dijumpai di pasar – pasar Indonesia. Memiliki ukuran yang lebih ramping dari pada jenis gajah, jahe kuning juga memiliki rasa yang lebih kuat. Meski aroma yang tidak begitu kuat, ini menjadikan jenis ini menjadi primadona untuk digunakan sebagai bumbu masakan di Nusantara.

Rimpang jahe kuning berwarna kuning seperti namanya. Di jawa sendiri jahe ini memiliki nama lain yang dikenal juga sebagai jahe emprit.

Baca Juga :   Pupuk NPK Menjadi Primadona Untuk Menanam Tumbuhan Bunga

Jahe Merah

Dari dua jenis jahe sebelumnya, jenis ini yang paling banyak memiliki kandungan minyak atsiri yang paling tinggi. Selain itu rasa yang dimiliki jahe ini paling kuat diantara jenis jahe sebelumnya. Jenis jahe merah biasa digunakan sebagai bahan dasar beragam industri obat – obatan maupun jamu tradisional.

Ciri jahe merah ialah memiliki rimpang yang kecil dan kulit berwarna merah. Serat jahe merah juga memiliki tekstur yang lebih kasar dan juga lebih besar dari pada jahe lainnya.

Komentar