Ceplikan, Tumbuhan Liar Iklim Tropis Obat Tradisional

oleh -174 views
thunbergia-grandiflora-344243__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Ceplikan merupakan salah satu tumbuhan berbunga yang kerap tumbuh secara liar. Biasanya tumbuhan tersebut dapat mudah kita jumpai pada pekarangan rumah, kebun, pinggiran sawah, maupun pinggir-pinggir jalan.

Tumbuhan dengan nama Ilmiah Salidago Virgaurea ini masih termasuk ke dalam suku famili dari Acanthaceae. Adapun keberadaan spesies mereka biasanya banyak ditemukan pada wilayah iklim tropis atau pun negara-negara tropis.

Secara morfologi, tumbuhan ini dapat tumbuh subur dan berdiri tegak dengan panjang ukuran berkisar antara 50 cm, batangnya memiliki permukaan bulu dan memiliki sisi berjumlah 4 sisi. Biasanya tumbuhan ini dilengkapi dengan daun berwarna hijau yang memiliki bentuk daun cenderung memanjang, adapun ukuran panjang daun ini berkisar antara 8 cm dengan lebarnya dikisarkan 1,5 cm.

Baca Juga :   Wamentan Sebut Penggunaan Pupuk Organik Bikin Lahan Jadi Sehat

Selain itu, tumbuhan ini juga dilengkapi buah yang tumbuh diantara ujung daun hingga batangnya, adapun buah tersebut memiliki bentuk silindris dengan warnanya cenderung coklat tua. Namun, tumbuhan ini juga terdapat bunga berwarna ungu dengan bentuknya cenderung mirip terompet yang memiliki ukuran lebar 2,2 cm.

Sementara itu, tumbuhan ceplikan ini pada daun hingga bunganya disinyalir memiliki kandungan senyawa seperti antioksidan, tannin, saponin, maupun senyawa lainnya, sehingga dari kandungan tersebut menjadikan tumbuhan ini dikenal memiliki ragam manfaat untuk kesehatan. Oleh karena itu, banyak dari kalangan masyarakat mengenal tumbuhan ini sebagai tumbuhan obat tradisional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.