Ramadhan, Komoditas Telur Ayam Ras di NTB Alami Kenaikan

oleh -12 views
telur ayam
Foto : Dok. Pexels

Panennews.com – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kanwil IV melakukan survei untuk memantau ketersediaan dan harga komoditas pangan saat bulan Ramadhan.

Di NTB kenaikan yang paling signifikan yaitu komoditas telur ayam ras yang mengalami kenaikan sebesar 18%, disusul komoditas bawang merah yang mengalami kenaikan 12% dan bawang putih yang mengalami kenaikan 16,5% dibandingkan tahun lalu.

Kepala Kantor Wilayah IV KPPU Dendy R. Sutrisno menjelaskan bahwa ada tiga langkah yang dilakukan KPPU dalam pantauan komoditas pangan.

Baca Juga :   Masuki Masa Panen, Stok Beras Di Bandung Aman Hingga Awal Tahun Depan

“Pertama, KPPU fokus pada ada tidaknya dugaan penahanan pasokan dan praktik penjualan bersyarat, kedua melakukan koordinasi dengan stakeholder pemangku kebijakan terkait, dan ketiga melakukan advokasi pada pelaku usaha dan Pemerintah Daerah setempat,” jelasnya, Senin (27/3/2023).

Meski terjadi kenaikan pada beberapa komoditi namun berdasarkan informasi di lapangan stok pasokan tidak mengalami masalah yang signifikan.

Namun demikian KPPU tetap menghimbau agar pelaku usaha tidak mengambil keuntungan yang terlalu besar dan tetap menjaga kepentingan konsumen atas ketersediaan dan keterjangkauan harga bahan pokok menjelang bulan suci Ramadhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.