Ikan Baronang, Jenis Ikan Laut Yang Baik Untuk Dikonsumsi

oleh -317 views
pexels-photo-1145274
Foto : Pexels

Panennews.com – Ikan baronang merupakan salah satu jenis ikan laut yang keberadaannya dapat ditemukan pada perairan wilayah Indo Pasifik. Habitat ikan ini biasanya melekat pada terumbu karang.

Ikan laut ini memiliki nama Ilmiah Siganus Sp. yang masih termasuk ke dalam keluarga Siginidae. Di Indonesia, ikan ini pun memiliki banyak nama dan sebutan yang dimulai dari Ikan Kea-Kea, Ikan Samadar, dan Ikan Biawas.

Secara morfologi, ikan baronang mempunyai bentuk tubuh pipih memanjang dengan ukuran tubuhnya berkisar antara 20 hingga 40 cm, biasanya tubuh pipihnya disertai sisik-sisik cenderung kecil. Adapun diketahui tekstur keseluruhan pada tubuh ikan ini cukup tergolong tebal, namun tubuh tersebut juga cukup terbilang lentur dan lincah dalam bergerak.

Baca Juga :   Mengenal Ciri-ciri Lobster, Dari Tubuh Hingga Kakinya

Selain itu, pada bagian atas ikan ini juga dilengkapi dengan sirip berduri yang dapat dibentangkan hingga pangkal ekornya, biasanya sirip ini digunakan ikan tersebut untuk berenang. Adapun sirip berduri ini memang cukup tajam dan bisa melukai siapa saja, namun pada sisi lain daging ikan baronang ini memiliki banyak gizi yang dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Sementara itu, dagingnya penuh dengan gizi yang diantaranya protein, lemak baik, kabohidrat, kalsium, magnesium, fosfor, natrium, dan juga tentunya omega 3. Lebih lanjut, ikan ini juga dilengkapi oleh beberapa vitamin seperti vitamin B1, B12, dan juga vitamin A. Dengan demikian, ikan ini memiliki potensi baik untuk dikonsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.