Pedada Merah, Spesies Mangrove Penghias Hutan Bakau

oleh -188 views
A young mangrove growing from the mud.
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Pedada merah merupakan salah satu jenis tumbuhan pohon yang masih termasuk dalam spesies mangrove. Biasanya pedada merah jenis mangrove ini dapat tumbuh secara lebat pada daunnya dan juga rantingnya yang tumbuh sekitar batang cukup banyak.

Spesies tumbuhan mangrove ini memiliki nama Ilmiah Sonnoratia Caseolaris yang masih satu famili dengan Sonnoratiaceae. Jenis ini mampu beradaptasi pada air laut yang asin maupun air laut yang tidak asin.

Secara morfologi, pedada merah dapat tumbuh berbentuk pohon dengan mencapai tinggi berkisar antara 10 – 15 meter, biasanya batang dari pohon tersebut memiliki permukaan kasar berwarna coklat. Adapun batang ini juga dilengkapi dengan ranting yang berjumlah kisaran 10 ranting disetiap batangnya, ranting ini biasanya dapat tumbuh panjang hingga kisaran 70 cm.

Baca Juga :   Demi Kelestarian Lingkungan Perhutanan, Pemerintah Jalin Kerjasama Program Perhutanan Sosial

Selain itu, pedada merah juga memiliki daun tunggal yang tumbuh secara berhadapan, daun tersebut mempunyai bentuk bulat telur dengan warnanya yang cenderung hijau. Adapun ukuran daun ini memiliki panjang yang berkisar antara 7 – 13 cm, sedangkan lebar daun pedada merah dapat dikisarkan 5 hingga 7 cm.

Sementara itu, pedada merah spesies pohon mangrove ini umumnya mempunyai habitat utama pada sekitar perairan maupun pinggir-pinggir pantai, namun keberadaannya kian banyak dan kian marak pada hutan-hutan mangrove. Lebih lanjut, keberadaan pedada merah ini biasanya banyak menghiasi hutan-hutan mangrove atau hutan bakau dengan intensitasnya yang cukup banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.