Mengenal Ciri-ciri Lobster, Dari Tubuh Hingga Kakinya

oleh -741 views
Lobster Dok KKP
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Lobster merupakan salah satu komoditas utama yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Lobster dari banyak Krustasea Laut yang termasuk dalam famili Homaridae. Hewan ini mempunyai nama latin Nephrosidae. Biasanya dapat kita temukan pada hamparan pasir dengan kedalaman berkisar antara 5 hingga 100 meter.

Selain itu, hewan yang aktif pada malam hari itu mempunyai bentuk yang pada umumnya berumur 2 bulan panjangnya berkisar 5 – 7 cm. lobster jantan terdapat tangkai pada kaki ke 5 berupa benjolan sementara itu, biasanya pada lobster betina terdapat lubang berbentuk bulat pada dasar kaki ke 3.

Baca Juga :   KKP Kembangkan Teknologi Fotobioreaktor untuk Produksi Massal Mikroalga

Sementara itu, capit pada jenis lobster jantan lebih cenderung cerah di bandingkan dengan warna jenis betina yang lebih gelap. Selain itu, hewan ini bernafas dengan insang yang menyerupai burung unggas dan memakan zooplankton, tumbuhan air, maupun bangkai hewan hewan air.

Secara morfologi, lobster mempunyai ruas ruas di badan seperti udang pada umumnya dengan 5 pasang kaki renang dan sirip ekor yang berbentuk seperti kipas. Namun, hal inilah yang menjadi salah satu perbedaan antara udang dengan lobster.

Baca Juga :   Komisi IV Tinjau Pengasapan Ikan UMKM Di Kabupaten Demak

Penampilannya yang terlihat seram terutama pada bagian kepalanya yang menjadi satu gabungan antara kepala dan dadanya (cheplatorax) tertutup keras, besar mengembung biasanya dilengkapi dengan duri tajam. Selain itu, diujung kepala terdapat 2 pasang sungut yang kecil dan tajam seperti cambuk dengan capit yang kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.