Harga Dan Stok Bapok Di Bali Secara Umum Terpantau Stabil

oleh -41 views
N1DgOWVej6dYVbQooTFfzvICLpfKdTbEmX4zzuL6
Foto : Biro Humas Kemendag

Panennews.com – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan, secara umum perkembangan harga barang kebutuhan pokok (bapok).

Adapun di Pasar Desat Adat Jimbaran, Badung, Bali harga bapok dan ketersediaan atau stoknya terpantau stabil.

Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk terus memantau ketersediaan stok dan stabilitas harga bapok, khususnya menjelang hari besar keagamaan nasional (HBKN) yaitu puasa Ramadhan dan Idulfitri 1444 H/ 2023 M.

Hal tersebut disampaikan Wamendag Jerry Sambuaga saat memantau ketersediaan stok dan kestabilan harga bapok di Pasar Desa Adat Jimbaran, Badung, Bali, hari Sabtu (25/03/2023).

“Secara umum harga bapok di Pasar Desa Adat Jimbara, Bali terpantau stabil walaupun ada beberapa komoditas yang naik dan ada juga yang turun. Stok bapok aman. Minyak goreng, cabe, bawang putih, bawang merah, terigu hingga telur, tersedia dan stok aman, ,”. Ungkap Wamendag Jerry Sambuaga.

Baca Juga :   Harga Bapok Stabil, Presiden Sebut Adanya Kelancaran Pasokan

Adapun sejumlah komoditas yang harganya terpantau stabil per 24 Maret 2023 di Pasar Jimbaran yaitu beras premium merk Putri Ratu Rp13.000/kg, gula pasar Rp13.500/kg, Minyakita Rp14.000/liter, daging ayam Rp35.000/kg, telur ayam ras Rp28.300/kg, tepung terigu Rp13.500/kg, cabe merah besar Rp35.000/kg, cabe rawit merah Rp75.000/kg, bawang merah Rp35.000/kg, dan bawang putih Honan Rp30.000/kg.

Selain itu, Wamendag Jerry juga mengungkapkan, para pedagang menyampaikan harapan kepada pemerintah untuk mengantisipasi ketersediaan dan kelancaran pasokan Minyakita.

Hal ini mengingat mulai terjadi peningkatan permintaan dari masyarakat, khususnya di Kabupaten Badung.

“Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk menambah pasokan Minyakita secara nasional menjadi 450 ribu ton per bulan dari sebelumnya 300 ribu ton per bulan. Kementerian Perdagangan akan terus melakukan pemantauan atas ketersediaan dan kelancaran pasokan Minyakita di tingkat distributor dan agen. Saya mendengar dari pedagang dalam beberapa hari terakhir terdapat peningkatan permintaan Minyakita,”. Tutur Wamendag Jerry.

Baca Juga :   Harga Melonjak, Bulog Ungkapkan Ada Penyimpangan Distribusi Beras

Lebih jauh, Untuk menghadapi bulan Ramadhan dan Idul fitri 1444 H, koordinasi antar lembaga dan pemerintah daerah akan kembali dilakukan.

Lebih lanjut, pemantauan harga dan ketersediaan pasokan harus diintensifkan baik oleh pemerintah pusat, lembaga, maupun pemerintah daerah.

“Kami berkomunikasi secara intensif dengan pemerintah daerah, kabupaten, kota maupun provinsi termasuk pengelola pasar dan para pedagang agar kami bisa segera mendapatkan informasi jika terjadi lonjakan harga bapok,’.Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.