Baru Tahu, Ini Alasan Mengapa Harus Jaga Terumbu Karang

oleh -108 views
beautiful view of sea life
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Terumbu karang merupakan salah satu penghuni lautan yang bersimbiosis pada tumbuhan dan juga hewan laut. Keberadaannya sangat bermanfaat bagi tumbuhan, biota laut bahkan juga ekosistem lautan.

Oleh karena itu, terumbu karang harus kita jaga dan kita rawat sebaik mungkin. Namun, banyak dari masyarakat tidak mengetahui alasan mengapa harus menjaga terumbu karang, adapun alasan harus menjaga terumbu karang diantaranya.

Habitat Dan Sumber Makanan

Terumbu karang biasanya digunakan sebagai habitat atau tempat tinggal beberapa hewan laut seperti ikan, kerang, dan lain-lain. Selain itu, terumbu karang juga terdapat beberapa tumbuhan yang berfungsi sebagai sumber makanan bagi hewan maupun ikan laut. Oleh karena itu, ini jadi salah satu alasan mengapa kita harus jaga terumbu karang.

Baca Juga :   3 Tempat Wisata Di Indonesia, Keindahannya Cocok Mengisi Liburan

Jadi Obyek Wisata

Terumbu karang memiliki tampilan yang cukup indah, biasanya keindahan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai obyek wisata. Selain itu, terumbu karang juga dinilai bisa menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat disekitar pesisir laut, sehingga hal tersebut jadi alasan agar kita dapat menjaga terumbu karang pada laut atau perairan Indonesia.

Menjaga Laut

Kehadiran terumbu karang dapat bermanfaat untuk menjaga laut dari gelombang yang tinggi, biasanya terumbu karang pada lautan dapat berfungsi untuk memecah gelombang yang tinggi. Selain itu, terumbu karang juga disinyalir dapat mencegah laut dari kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan, oleh sebab itu maka pentingnya kita menjaga terumbu karang tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.