Sapi Terkena Penyakit Antrax, Begini Cara Mengatasinya

oleh -62 views
Hewan Sapi
Foto : Panen News/amar

Panennews.com – Antrax merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang beberapa hewan ternak termasuk juga sapi. Penyakit ini dikategorikan sebagai penyakit zoonis yang dapat menular ke jenis hewan lainnya.

Dari dahulu hingga kini penyebaran penyakit antrax pada sapi pun tengah banyak melanda di berbagai wilayah. Bahkan, penyakit ini pun tengah mewabah diseluruh kawasan negara Indonesia.

Secara umum, penyakit ini pada awalnya dapat menyerang limpa hingga jantung sapi, biasanya hewan ternak sapi yang terserang penyakit antrax dapat memiliki ciri-ciri banyaknya pendarahan disekitar tubuh sapi, adapun darah tersebut berwarna merah cenderung hitam yang keluar pada hidung, mulut, dan juga lubang anusnya.

Baca Juga :   Kontes Hewan Di Indramayu, Kementan : Permintaan Domba Jadi Meningkat

Selain itu, ciri-ciri sapi yang terkena penyakit ini juga sering demam, lemah, dan pembengkakan disekitar perutnya. Bahkan, lebih parahnya lagi dapat menganggu saluran pernafasan sapi, sehingga nafas sapi pun terlihat seperti terengah-engah karena penyakit ini. Hal ini tentunya disebabkan oleh bakteri antrax yang dapat menyebar ke seluruh tubuh sapi.

Sementara itu, cara mengatasi penyakit antrax ini yaitu dengan melakukan vaksinasi secara berkala pada hewan sapi, biasanya jenis vaksin untuk mengatasi penyakit ini yaitu vaksin spora aviulein yang dapat mencegah penyakit antrax. Lebih lanjut, berikan juga antibiotik pada sapi dan lakukan lah pengecekan, pembersihan hingga karantina pada sapi serta periksa lah dengan dokter hewan terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.