Sumsel Stok Berasnya Melimpah, 494 Ton Dikirim Ke Jakarta

oleh -19 views
Salinan-dari-Salinan-dari-Salinan-dari-Copy-of-Salinan-dari-demak2023
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Bambang Pramono memastikan bahwa panen raya di daerahnya terus berlangsung.

Bahkan dalam beberapa hari terakhir, wilayah Sumsel mampu mengirim beras untuk kebutuhan DKI Jakarta. Salah satunya melalui Food Station Tjipinang Jaya.

“Sumatera Selatan apresiasi bahwa hari ini atas arahan Pak Menteri kami dapat mensuplai beras ke pasar-pasar yang membutuhkan hari ini untuk Jakarta kami membawa 21 unit tronton yang jumlah totalnya 494 ton,”. Ungkap Bambang saat mendampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Pasar Induk Beras Cipinang, Selasa, (07/02/2023).

Bambang mengatakan, berdasarkan data yang dikeluarkan BPS, luasan panen di Sumsel mencapai 77.203 hektare atau setara dengan gabah kering giling (GKG) sebanyak 393.489 ton dengan produksi berasnya mencapai 225.961 ton.

Baca Juga :   Kudapan Lezat Ini Cocok Jadi Menu Malam Tahun Baru

Bahkan di bulan Maret mendatang, penambahan produksi bisa mencapai 488.781 ton GKG atau bila dikonvensi beras bisa mencapai 280.683 ton.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan ketersediaan beras nasional dalam kondisi melimpah. Bahkan tiga bulan pertama tahun 2023 para petani di sejumlah sentra terus melakukan panen raya. Dia yakin, kondisi ini mampu menambah cadangan beras yang ada saat ini.

“Dari pantauan kita melalui citra satelit, maupun pemantauan kita di lapangan, beras kita dalam kondisi melimpah,”. Ungkap Mentan.

Lebih lanjut, Direktur Utama Food Station Tjipinang Jaya, Pamrihadi Wiraryo memastikan kebutuhan beras untuk wilayah DKI Jakarta dalam kondisi aman dan melimpah. Kepastian ini disampaikan Pamrihadi usai menerima limpahan beras dari Sumatera Selatan sebanyak 494 ton.

Baca Juga :   Seribuan Nelayan Di Pati, Dikucur Sembako

“Yang masuk saat ini kurang lebih 494 ton atau 21 truk. Tapi Insya Allah besok akan digelontorkan lagi atau diguyur lagi kurang lebih 50 truk atau ekivalen sebanyak 1000 ton,”. Tutur Pamrihadi.

Lebih jauh, Pamrihadi mengatakan food station sangat optimis dengan kondisi dan ketersediaan beras saat ini. Apalagi, Sumatera Selatan tengah memasuki musim panen yang akan berlangsung hingga April mendatang.
“Sumatera Selatan adalah wilayah yang saat ini panen raya besar. Kita harapkan mampu memenuhi kebutuhan cadangan beras kita,”. Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.