Kasturi Ternate, Burung Endemik Dengan Warna Merah Merona

oleh -277 views
Bird Kasturi Ternate from Indonesia
Foto : Pixabay

Panennews.com – Kasturi ternate merupakan salah satu spesies burung paruh bengkok yang tengah populer dipelihara oleh kalangan masyarakat. Jenis burung ini biasanya banyak dipelihara pada kota-kota besar di Indonesia.

Burung tersebut mempunyai nama Ilmiah Lorrius Garolus yang masih tergabung dalam suku famili Psittacidae. Spesies burung kasturi juga termasuk dalam burung endemik yang biasanya banyak ditemukan pada wilayah Maluku Utara dengan tampilan warnanya mencolok mata.

Secara morfologi, burung berparuh bengkok ini mempunyai ukuran panjang yang berkisar antara 30 cm dengan paruhnya yang tergolong bengkok dengan ukuran berkisar antara 5 – 10 cm, biasanya paruh tersebut memiliki warna kuning cenderung menyala. Adapun burung tersebut terdapat mata yang tajam jika memandang, biasanya mata tersebut pun dinilai sangat terang jika dipandang.

Baca Juga :   DPR Dorong Pemerintah Pastikan Hewan Kurban Dalam Kondisi Sehat

Selain itu, tubuhnya pun dilengkapi kaki dengan jari yang tergolong sangat tajam, biasanya jari tersebut dapat digunakan untuk melindungi diri dari serangan musuh-musuhnya. Adapun jenis burung ini juga dilengkapi dengan sayap yang tergolong kuat, biasanya sayap tersebut berfungsi untuk terbang lebih jauh hingga ketinggian yang mencapai kisaran 1000 kaki.

Sementara itu, burung kasturi ternate ini mempunyai warna yang tergolong ciamik hingga sangat menarik jika dipandang, biasanya ekor dan sayap burung tersebut terdapat warna kuning serta hijau. Namun, kebanyakan spesies burung endemik ini memiliki warna yang merah cenderung terang, sehingga dinilai sangat merona pada warna merahnya tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.