Hewan Sapi Tidak Mau Makan, Ternyata Ini Penyebabnya

oleh -2,815 views
Pakan Ternak
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Sapi merupakan salah satu hewan ternak yang memiliki nilai ekonomisnya cukup tergolong tinggi. Dengan demikian, hewan ini kerap banyak dipelihara atau dibudidayakan oleh kalangan masyarakat.

Namun, sebagian dari mereka saat ini tengah mengeluh jika hewan ternak tersebut tidak mau makan. Penyebab hal tersebut tidak banyak yang mengetahuinya, adapun penyebab sapi tidak mau makan antara lain.

Serangan Penyakit

Semua jenis sapi akan kehilangan nafsu makan jika hewan tersebut mengidap atau terserang berbagai jenis penyakit, biasanya penyakit tersebut dapat berupa demam, radang usus, dan infeksi mata yang menyerang sapi. Selain itu, penyakit gangguan pencernaan juga berpotensi jadi penyebab hewan tersebut tidak mau makan.

Baca Juga :   Penyelundupan 5 Ton Daging Babi Ilegal, Berhasil Digagalkan Di Pelabuhan Mamuju

Kualitas Pakan Berkurang

Hewan ternak enggan nafsu makan jika kualitas pakan tersebut menurun. Pasalnya, sapi merupakan salah satu jenis hewan yang dapat merasakan perbedaan pakan tersebut. Oleh karena itu, selalu periksa kualitas pakan sebelum diberikan kepada sapi dan berikanlah pakan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi hewan ini, sehingga dengan hal tersebut jadi nafsu makan kembali.

Kondisi Stres

Stres memang kerap melanda pada hewan ternak salah satunya yaitu sapi, biasanya hewan ternak sapi yang mengidap stres akan menganggu perkembangan atau pun produktivitasnya. Selain itu, sapi yang stres juga bisa jadi salah satu penyebab hewan tersebut tidak nafsu atau tidak mau makan.

1 thoughts on “Hewan Sapi Tidak Mau Makan, Ternyata Ini Penyebabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.