Tinjau Ritel, Mendag Tegaskan Lagi Stok Bapok Aman Jelang Tahun Baru

oleh -37 views
7jAQmF6p_album_image
Foto : Biro Humas Kemendag

Panennews.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kembali menegaskan harga dan stok barang kebutuhan pokok (bapok) aman. Pemerintah terus berusaha menjaga stok, khususnya untuk persiapan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Penegasan disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat meninjau ritel modern Hypermart dan Superindo bersama Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi di Jakarta Barat, Jakarta pada hari, Kamis (08/12/2022). Hadir pada kegiatan ini Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia Roy Mandey, perwakilan Perum Bulog, serta perwakilan Satgas Pangan. Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan yakni Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kasan.

“Secara keseluruhan, stok tersedia dan harganya stabil. Oleh karena itu, sekali lagi stok tersedia, harganya stabil. Segala hal kita lakukan agar stok bapok aman,”.Ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag mengungkapkan, untuk harga beras di ritel modern masih stabil, bahkan terdapat beras dengan harga di bawah harga eceran tertinggi (HET). Sementara harga beras Bulog tetap, tidak ada perubahan.

Baca Juga :   Kolaborasi Kemendag, AOI dan Trubus Tingkatkan Ekspor Produk Organik UKM Indonesia

“Bahkan, tadi di sini ada beras dengan harga di bawah HET yang diproduksi Badan Usaha Milik Daerah DKI Jakarta,”. Ungkapnya.

Mendag Zulkifli Hasan menyebut, inflasi pada November 2022 tercatat sebesar 5,42 persen, turun dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 5,71 persen. Artinya terdapat harga barang kebutuhan yang mengalami penurunan di pasar, termasuk ayam. Namun, ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, misalnya telur.

“Kenaikan harga telur disebabkan permintaan yang meningkat jelang Natal dan tahun baru. Harga telur naik sedikit karena permintaan naik. Nanti kalau permintaannya biasa lagi, harganya akan turun kembali. Kenaikan ini masih wajar sebesar Rp30.700/kg, tetapi di ritel modern masih Rp27.000/kg,” jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Baca Juga :   Pentingnya Pemanfaatan Biogas Untuk Pupuk Pertanian

Mendag Zulkifli Hasan menambahkan, Kementerian Perdagangan terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan bapok. “Pemerintah selalu berdiskusi dengan pemangku kepentingan, termasuk asosiasi pelaku usaha untuk cari jalan keluar bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bapanas Arif Prasetyo Adi mengungkapkan, pasokan dan harga bapok terkendali. Peninjauan ritel modern untuk memastikan semua stok bapok tersedia.

“Kita hari ini meninjau ritel modern memastikan stok ada. Stok hari ini sampai jelang Natal dan tahun baru ada. Pemerintah Pusat juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk menyelenggarakan operasi pasar. Masyakarat atau konsumen dipersilakan hadir untuk mendapatkan harga bapok terjangkau,”. Tutup Arif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.