Pentingnya Pemanfaatan Biogas Untuk Pupuk Pertanian

oleh -222 views
7-Biogas Untuk Pupuk Pertanian
Ilustrasi Limbah Organik

Panennews.com – Biogas memang saat ini sudah mulai tidak asing lagi di kalangan masyarakat, lebih lagi mengenai beragam manfaat yang dapat dihasilkan. Salah satu yang seringkali dikembangkan adalah kegunaan biogas untuk keperluan pupuk bagi pertanian.

Biogas merupakan gas yang dihasilkan dari aktivitas fermentasi bahan-bahan organik termasuk di antaranya; kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Banyaknya alternatif bahan yang dapat diperoleh membuat peluang pemanfaatan biogas ini sangat besar khususnya di kalangan peternakan dan pertanian.

Baca Juga :   Irma Suryani Chaniago Apresiasi Moncernya Sektor Pertanian

Dalam prakteknya, pemanfaatan biogas ini memang seringkali menemui kesulitan lantaran masyarakat yang kurang memiliki pemahaman dan keterampilan dalam mengelola bahan-bahan dasar biogas tersebut. Pentingnya mengelola biogas ini juga ada kaitannya dengan sumber energi terbarukan yang ekonomis dan terjangkau bagi masyarakat.

Di dunia pertanian misalnya, jika sebelumnya pupuk yang dipakai adalah pupuk yang berbahan kimia, maka biogas bisa menjadi solusi untuk menciptakan pupuk sendiri yang tentu lebih alamiah dan bebas efek samping.

Pemanfaatan biogas sebagai pupuk pertanian merupakan salah satu dari sekian banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pengelolaan biogas.

Baca Juga :   Mengenal Sistem Aquaponik, Solusi Menanam Tanaman Pada Lahan Terbatas

Tentu ini tidak hanya berkaitan dengan kepentingan pertanian milik sendiri, pemanfaatan biogas yang diolah menjadi pupuk ini juga dapat menjadi sumber ekonomi yang menjanjikan bagi kalangan masyarakat yang mampu memanfaatkannya dengan baik dan benar, produk pupuk organik hasil biogas dengan baranding dan kualtias terbaik bukan tidak mungkin akan didapat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.