Manfaatkan Ampas Tahu Untuk Pakan Alternatif Hewan Ternak

oleh -108 views
Rest of cocked rice,going to use for cattle fodder,drying under the sun
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Ampas tahu merupakan salah satu limbah dari hasil pengolahan tahu atau bekas tahu yang sudah tidak digunakan. Biasanya ampas tahu tersebut dapat ditemukan pada pabrik pengolah tahu atau limbah-limbah rumah tangga olahan tahu.

Kebanyaan masyarakat menyebut ampas tahu ini sebagai sampah rumah tangga yang tidak bisa digunakan kembali. Namun, sebagian mereka banyak yang tidak tahu ampas tahu bisa digunakan dan dimanfaatkan sebagai pakan alternatif hewan ternak.

Secara umum, pemanfaatan ampas tahu sebagai pakan ternak karena mempunyai keunggulan dari nutrisi tahu yang sangat dibutuhkan hewan ternak, biasanya dalam per 100 gram ampas tahu mengandung nutrisi diantaranya protein dengan takaran berkisar antara 23,5%, serat berkisar 16,35%, lemak jenuh berkisar antara 20%, serta karbohidrat berkisar antara 32%.

Baca Juga :   Mengenal Jenis-jenis Pakan Untuk Sapi

Selain itu, ampas tahu juga kaya akan kandungan zat-zat atau senyawa yang tergolong baik untuk menjaga produktivitas hewan ternak, zat atau senyawa tersebut meliputi zat nutrient, zat asam glumate, dan juga senyawa protein kasar. Adapun senyawa tersebut diatas dinilai mampu membuat hewan ternak menjadi sehat dan juga cenderung lebih gemuk.

Sementara itu, dari kandungan nutrisi yang cukup banyak diatas menjadikan ampas tahu tergolong cocok untuk dimanfaatkan sebagai pakan alternatif hewan ternak. Lebih jauh, ampas tahu pun mudah didapatkan dan mudah dijangkau dengan harganya yang tentunya cenderung lebih murah dari jenis pakan-pakan ternak lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.