Mengenal Jenis-jenis Pakan Untuk Sapi

oleh -19 views
Hewan Sapi
Foto : Panen News/amar

Panennews.com – Peternakan yang luas ditambah dengan ternak yang sehat adalah idaman bagi semua peternak. Oleh karena itu, seorang peternak harus memiliki ketekunan ditambah pengetahuan mengenai pakan ternak yang memadai. Pada artikel ini akan kita bahas mengenai jenis – jenis pakan untuk sapi.

Pakan ternak sesungguhnya sangat beragam. Secara umum kita dapat membedakannya menjadi 5 jenis. Pertama adalah pakan kasar. Pakan ini berasal dari hehijauan, seperti rumput, daun atau limbah pertanian (jerami).

Jenis pakan selanjutnya adalah pakan penguat atau konsentrat. Konsentrat digunakan sebagai campuran untuk melengkapi kadar nutrisi dari pakan utama. Konsentrat biasanya berasal dari hewan (tepung daging, ikan, lemak susu, dsb) atau dari tumbuhan (biji – bijian, ampas tahu, jagung, dsb).

Pakan ternak juga ada yang berasal dari proses peragian atau disebut dengan pakan fermentasi. Proses ini ditujukan untuk mempertahankan kandungan nutrisi pakan saat dalam penyimpanan dengan waktu yang lama. Pakan jenis ini diketahui lebih efisien ketimbang jenis pakan yang lain.

Sapi juga membutuhkan mineral. Namun, mineral dapat langsung diperoleh dari beberapa pakan yang lain. Tambahan vitamin pun diberikan agar sapi tumbuh dengan optimal serta memiliki sistem imun yang baik.

Pakan terakhir adalah pakan tambahan. Biasanya pakan ini diperuntukkan untuk pemeliharaan kesehatan. Itulah jenis – jenis pakan untuk sapi. Jaga keseimbangan nutrisi sapi agar menjadi sapi sehat dan kuat.

Komentar