Kecombrang, Bunga Dengan Warna Memukau

oleh -81 views
red-flower-7346947__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Kecombrang merupakan salah satu jenis tumbuhan rempah tahunan berbentuk tema buah dan bunga. Tumbuhan tersebut cukup lama dikenal keberadaannya oleh masyarakat luas Indonesia.

Bunga kecombrang ini memiliki nama Latin Etlingera Elatior yang termasuk dalam gabungan keluarga dari Zingiberacea. Di Indonesia, bunga tersebut memiliki sebutan nama antara lain kencong, kincung, bongkot, dan juga bunga kantan.

Secara morfologi, bunga kecombrang ini bersifat majemuk yang berbentuk bonggol dengan panjang tangkainya memiliki ukuran berkisar antara 1 – 3 meter, biasanya tangkai tersebut berbentuk tegak dan berimpang. Adapun panjang benang sari yang dimiliki bunga kecombrang hingga mencapai kisaran antara 7 cm dengan lebarnya berkisar antara 4 – 5 cm.

Baca Juga :   Jarang Diketahui, Begini Ciri-Ciri Buah Rambutan Yang Manis

Selain itu, bunga tersebut juga dilengkapi dengan biji yang tumbuh disekitar putik tengahnya berbentuk kotak dan juga bulat telur cenderung memanjang, biasanya biji bunga ini berwarna putih namun kebanyakan dari spesies mereka ada juga berwarna merah muda. Biji tersebut biasanya tergolong unggul untuk ditanam kembali dan dibudidayakan.

Sementara itu, seluruh bunga kecombrang mempunyai warna yang dinilai cenderung terang. Warna dari bunga tersebut biasanya terdapat warna hijau terang yang pada bunga mudanya, sedangkan bunga yang beranjak usia memiliki warna merah muda, merah terang, maupun merah jambu. Lebih jauh, dari warna-warna tersebut menjadikan bunga kecombrang ini cenderung memukau jika dipandang oleh mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.