Waspadai Jenis Hama Ini, Sering Ganggu Tanaman Kacang Tanah Hingga Rusak Dan Gagal Panen

oleh -434 views
fresh peanuts plants with roots.
Foto : Pixabay

Panennews.com – Kacang tanah seperti yang sudah dikenal sebelumnya, merupakan salah satu jenis kacang yang tergolong mempunyai nilai ekonomisnya tinggi. Oleh sebagian orang, biasanya menggunakan kacang tanah untuk keperluan memasak sampai kudapan ringannya.

Dengan demikian, kacang tanah pun saat ini tergolong banyak yang membudidayakannya atau menanamnya. Dalam budidaya kacang tanah tersebut, tentunya tidak luput dari serangan jenis hama yang menganggu, tanaman yang terserang hama akan rusak dan menyebabkan gagal panen. Agar tidak terjadi hal tersebut, maka waspadailah jenis hama berikut ini.

Baca Juga :   2023, Terjadi Peningkatan Produksi Padi Cukup Besar Di NTB

Wareng

Hama wareng dapat menyerang tanaman kacang tanah pada musim kemarau dan bisa menyebabkan kehilangan produksinya bisa mencapai 40 persen. Selain itu, tanaman yang terserang jenis hama ini akan berubah warna menjadi kuning, hal tersebut dapat menyebabkan tanaman kacang tanah mati dan gagal panen.

Ulat Grayak

Jenis hama yang satu ini pun juga dapat menyerang tanaman kacang tanah, biasanya hama ini menyerang pada waktu malam hari. Tanaman yang terserang hama ini ditandai daunnya akan mengeriting, batangnya pun akan mengeropos dengan sendirinya. Selain itu, jenis hama ulat grayak ini dapat berkembang biak pada belakang daun yang tentunya akan membuat tanaman kacang tanah rusak dan gagal panen.

Baca Juga :   Tinjau Padi Di Pekalongan, Presiden : Kita Kejar Tanam Cukupi Kebutuhan Nasional

Thrips

Thrips merupakan salah satu jenis serangga yang biasanya dapat menganggu beberapa tanaman sayuran, hama tersebut dapat menyerang bagian bawah tanaman kacang tanah agar akarnya keropos. Selain itu, batangnya tidak tegak dan akan semakin layu, hal tersebut dapat menyebabkan tanaman kacang rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.