Kenali Jenis Penyakit Ikan Guppy, Bisa Menyebabkan Kematian

oleh -321 views
istockphoto-901288070-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Ikan guppy banyak dikenal oleh kalangan pecinta ikan hias dengan tampilannya yang unik dan menarik. Ikan tersebut mempunyai keindahan tersendiri dari corak warna pada tubuhnya.

Namun, keindahan tersebut biasanya dapat hilang jika ikan ini terjangkit berbagai macam penyakit yang menyerangnya. Bahkan penyakit itu bisa menyebabkan ikan guppy banyak yang mati sehingga pada saat budidayanya mengakibatkan gagal panen, adapun penyakit tersebut diantaranya.

Kulat

Penyakit tersebut dapat menyerang ikan guppy pada bagian insang dan siripnya berupa luka-luka merah. Penyakit ini sangat berbahaya jika sudah menyerang bagian insang ikan tersebut, biasanya ikan yang terkena penyakit tersebut akan mengalami sulit pernapasan didalam air sehingga dapat menyebabkan kematian pada ikan guppy itu sendiri.

Baca Juga :   Penebaran Ribuan Benih Ikan, Ramaikan Malam Tahun Baru 2024 Di BKT Jakarta

Kembung Perut

Penyakit yang satu ini biasanya menyerang bagian perut ikan menjadi kembung seperti membesar atau membuncit. Selain itu, pencernaan pada ikan pun terganggu sehingga dapat menyebabkan ikan guppy mengalami masalah metabolisme pada tubuhnya. Adapun biasanya ikan yang terkena penyakit ini akan mengalami susah berenang akibat membesar atau membuncitnya bagian perut pada ikan.

Bintik Putih

Penyakit ini disebabkan akibat air pada habitatnya cenderung keruh dan kotor, bitnik putih ini biasanya dapat menyerang bagian kulit dan seluruh tubuhnya yang terdapat bitnik putih. Selain itu, ikan yang terkena penyakit tersebut dapat menyebabkan kelemesan pada ikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.