Lalapan Pelengkap Makan Nasi, Ternyata Punya Khasiat Ini Loh

oleh -156 views
istockphoto-612821154-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Lalapan merupakan sayur-sayuran khas Indonesia yang biasanya dapat disajikan sebagai pelengkap makan nasi. Lalapan tersebut banyak ditemukan pada daerah jawa barat, namun saat ini lalapan tengah populer diberbagai lapisan masyarakat Indonesia

Adapun cara makan lalapan tersebut biasanya dicampurkan pada nasi dan sambal serta kudapan Indonesia lezat lainnya. Ada banyak sekali lalapan yang dijumpai pada masakan yang biasanya berupa hijau-hijauan maupun umbi-umbian hasil tanah subur negara Indonesia. Selain lezat, ternyata lalapan pun dikenal punya khasiat, adapun jenis lalapan dan khasiatnya meliputi.

Baca Juga :   Pohpohan, Daun Lalapan Khas Jawa Barat Cocok Pelengkap Makan Nasi

Daun-Daunan

Jenis daun-daunan merupakan lalapan yang paling banyak dijumpai pada peminatnya, karena banyak sekali daun hijau bisa dijadikan lalap seperti kemangi, selada, dan sawi. Ketiga jenis lalapan tersebut mempunyai kandungan kalsium, mineral, dan vitamin A yang dinilai meempunyai khasiat untuk memelihara daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin A yang terdapat pada lalap daun mempunyai khasiat dapat menjaga mata.

Mentimun

Selain daun-daunan, mentimun juga tidak kalah lezatnya dalam santapan lalap bersama nasi. Dari setiap sajian masakan nusantara, lalap mentimun pun tidak pernah absen darinya. Selain itu, rasanya yang cenderung segar dengan kandungan airnya tergolong banyak, menjadikan mentimun semakin sedap untuk dijadikan lalapan. Adapun dengan kandungan air yang banyak, mentimun mempunyai khasiat mengontol kadar gula darah dan kolesterol.

Baca Juga :   Selain Dagingnya, Ternyata Kulit Ikan Juga Punya Khasiat

Terong

Terong juga tidak kalah menariknya dari jenis lalapan lainnya, terong pun banyak sekali jenisnya yang dimulai dari terong ungu, terong hijau, terong telunjuk. Ada banyak kandungan terdapat pada terong seperti vitamin A, vitamin D, mineral, maupun kalsium, dengan kandungan tersebut terong dinilai punya khasiat untuk kesehatan jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.