Mengenal Geranium, Tanaman Hias Dengan Bunganya Dikenal Tapak Dara

oleh -441 views
geranium-wielkopatkowy-5022820__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Geranium merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer belakangan ini dengan tampilannya dinilai cukup indah. Geranium ini biasanya dapat tumbuh pada wilayah beriklim tropis maupun sub tropis.

Geranium mempunyai nama Ilmiah Catharanthus Roseus ini mempunyai jenis beraneka ragam yang berkisar 300 spesies. Tanaman ini masih dalam keluarga Geraniaceae yang sebagian besar habitat aslinya terdapat pada negara Afrika Selatan.

Secara morfologi, tanaman ini mempunyai daun cukup tebal dengan daunnya berbentuk elips dan pada bagian ujungnya cenderung runcing tersusun berhadapan. Tekstur daunnya halus dengan permukaannya yang mengkilap, adapun ukuran daun tersebut berkisar antara 2 – 5 cm dengan warna hijau cenderung terang.

Baca Juga :   Manfaat Tersembunyi Antioksidan pada Buah Kurma

Selain itu, geranium ini mempunyai batang yang cenderung pendek dengan maksimal ukuran 1 meter saja. Setiap batang tersebut terdiri dari cabang yang berkerumun sehingga sangat unik dipandang mata, adapun geranium mempunyai akar serabut berwarna coklat tua dan akar pun ini memiliki daya serap tinggi yang mampu bertahan dalam cuaca panas.

Sementara itu, tanaman tersebut juga dilengkapi bunga yang muncul pada ketiak daunnya dengan bentuk secara keseluruhan cenderung mirip terompet. Bunga tersebut mempunyai jumlah mahkota 5 dengan warna kelopaknya akan berubah semakin gelap seiring bertambahnya usia.

Baca Juga :   Kenali Manfaat Brokoli, Mulai Dari Mencegah Keriput Sampai Mencegah Kanker

Lebih lanjut lagi, biasanya bunga tersebut dapat muncul ditengah musim panas dan enggan untuk muncul pada musim penghujan. Bunga tanaman dari geranium ini oleh kebanyakan orang sering juga dikenal dengan bunga tapak dara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.