Ketahui Keunggulan Kayu Akasia Untuk Bahan Bangunan

oleh -150 views
wood-6683150__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Indonesia terdapat hutan yang penuh dengan keaneka ragaman hayati salah satunya kayu akasia. Kayu tersebut merupakan salah satu bagian dari pohon akasia yang keberadaannya cukup banyak menghiasi sebagian besar hutan nusantara.

Kayu akasia saat ini tengah dilirik oleh sebagian masyarakat untuk digunakan sebagai bahan baku industri mebel maupun bahan bangunan. Namun, sebagian orang sangat jarang mengetahui keunggulan kayu tersebut, adapun ketahui lah keunggulannya yang diantara lain.

Struktur Kayu Awet

Kegunaan kayu akasia untuk bahan bangunan mempunyai keunggulan yang tahan lama. Pasalnya, kayu tersebut tidak mudah rusak meskipun sudah terserang jamur, rayap, maupun semacam serangga. Selain itu, kayu tersebut pun dinilai tahan terhadap berbagai cuaca yang melanda seperti musim panas dan musim dingin. Dengan demikian, kayu tersebut memiliki keunggulan struktur yang awet.

Baca Juga :   Agar Kayu Jati Terhindar Dari Rayap, Begini Tips Mudahnya

Mudah Dibentuk

Kayu akasia yang digunakan sebagai bahan dasar bangunan memiliki keunggulan mudah dibentuk, tekstur yang ringan dan juga tidak mudah patah mendominasi kayu tersebut. Selain itu, kayu akasia juga memiliki daya ikat kuat terhadap paku atau pun sekrup, sehingga dengan begitu kayu akasia mudah dalam pembentukannya.

Motif Unik

Keunggulan selanjutnya yaitu kayu akasia mempunyai motif yang cukup unik, permukaan kayu dihiasi warna coklat muda hingga coklat tua cenderung hijau. Selain itu, pada permukaannya juga terdapat serat-serat halus yang membentuk secara lurus dengan perpaduannya yang alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.