Mengenal Paus Biru, Hewan Penyanyi Mempesona

oleh -170 views
pexels-photo-302271
Foto : Pexels

Panennews.com – Paus biru merupakan salah satu mamalia laut yang tergolong dalam subordo paus balin dikenal dengan hewan terbesar di laut. Paus tersebut biasanya dapat ditemukan pada Samudera Pasifik dan Samudera Pasifik bagian selatan.

Paus ini mempunyai nama Latin Balaenoptera Musculus yang memiliki Panjang berkisar antara mencapai 33 meter dengan berat kisaran antara 181 ton atau lebih. Apabila disamakan dengan benda yang ada didaratan ukuran ikan paus lebih dari seukuran mobil truk besarnya.

Paus sendiri mempunyai karakteristik tubuh yang panjang dengan kepala datar berbentuk U dan terdapat sirip punggung yang tergolong kecil. Adapun warna punggungnya didominasi oleh warna biru cenderung kehijauan dengan pembatas putih tipis sedangkan dibagian perut mempunyai warna yang lebih terang.

Baca Juga :   KKP Bangun 2 Kapal Pengawas Perikanan Anti Illegal Fishing

Uniknya, ikan paus biru ini mempunyai indera peraba dan pendengaran yang terbilang sangat tajam. Paus dapat mengetahui arah didalam air dengan mengikuti gema suara yang dibuatnya dan suara yang dihasilkannya dipercaya juga sebagai bentuk komunikasi antar sesama jenis dan untuk memangsa lawannya.

Selain itu, paus ini sering dijuluki sebagai hewan penyanyi yang mempesona karena dikenal sebagai pemilik lagu yang berbeda beda dengan sesame jenis atau lawannya. Ketika sedang berkomunikasi satu sama yang lain, paus seolah mempertunjukkan sebuah orchestra yang dapat terdengar sejauh kisaran 30 hingga 185 km.

Baca Juga :   Cegah Penyelundupan Benih Lobster, KKP Gelar Operasi Jelang Akhir Tahun

Adapun makanan utama dari paus ini yaitu krill sejenis udang-udangan dengan ukuran berkisar antara 8 – 60 mm. dengan santapan perharinya mencapai kisaran 40 juta ekor krill.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.