Begini Tips Mudah Budidaya Lengkuas Di Pekarangan Rumah

oleh -88 views
Lengkuas
Foto : Shutterstock

Panennews.com – Lengkuas menjadi salah satu bumbu dapur yang tidak boleh dilewatkan untuk memasak berbagai macam jenis masakan. Mulai dari memasak tumis santan, berkuah hingga kudapan masakan lezat lainnya.

Ini menjadi penyebab lengkuas selalu ada di dapur dan berbagai tempat olahan lainnya. Selain digunakan untuk berbagai bumbu masakan ternyata lengkuas bisa menjadi obat tradisional loh. Menyadari betapa pentingnya lengkuas bagi kehidupan sehari hari dan tak ada salahnya jika menanam pada pekarangan rumah, lalu begini caranya.

Baca Juga :   Mentan SYL Ajak Wanita Tani HKTI Bumikan Tanaman Di Pekarangan Rumah

Tips yang pertama olah tanah yang akan digunakan untuk penanaman bibit lengkuas 2 minggu sebelumnya. Selain itu, lengkuas juga membutuhkan tanah yang lembab, subur, dan berdrainese baik. Selanjutnya pilih bibit yang akan digunakan dengan pemilihan bibit yang unggul dan berkualitas.

Sementara itu, penanaman pun dilakukan dengan menimbun bibit lengkuas pada tanah yang telah disiapkan dengan jarak tanam berkisar 6 – 7 cm. Namun, biar lah tunasnya menimbul ke atas. Lakukanlah penyiraman secara teratur dan pemberian pupuk berkualitas tinggi.

Baca Juga :   Begini Cara Menanam Biji Kopi Di Rumah Dengan Mudah

Lebih lanjut, lengkuas membutuhkan suhu ideal untuk bertahan hidup pada udara 25 derajat dan membutuhkan tingkat kelembaban udara sedang dan sinar matahari yang cukup banyak. Adapun untuk penyiraman disarankan 3 kali dalam sehari demi menghasilkan buah yang berkualitas.

Untuk memasuki masa panen lengkuas memakan waktu berkisar antara 10 – 18 bulan tergantung dari sisi perawatannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.