Mengenal Serai, Tanaman Kaya Manfaat

oleh -126 views
wo group of lemongrass for sale over wood background
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Serai merupakan salah satu tanaman dari suku rumput-rumputan yang sering kita jumpai pada wilayah iklim tropis. Tanaman ini biasanya banyak ditanam oleh masyarakat sebagai tanaman obat.

Serai yang mempunyai nama Latin Cymbopogon Citratus Nardus L ini dipercayai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan batangnya pun begitu khas sehingga sering juga dimanfaatkan sebagai campuran bumbu dapur untuk melezatkan masakan.

Secara fisik, serai cenderung mirip seperti rumput namun mempunyai ukuran yang lebih besar. Daunnya mempunyai tekstur kasar dan tajam pada bagian sampingnya, ketika daun sobek wangi khasnya akan segera menyerbak karena harum yang dimilikinya. Adapun bagian serai yang biasa digunakan sebagai bumbu masak adalah batangnya.

Baca Juga :   Ketahui 3 Manfaat Menanam Serai Di Rumah

Selain itu, batang serai pun mempunyai ukuran panjang berkisar antara 30 cm dengan lebar kisaran antara 5 – 15 cm dan batang tersebut tidak terdapat kayu serta berusuk rusuk pendek dengan warna cenderung putih disertai akar serabutnya berimpang pendek berukuran besar

Serai tersebut dinilai mempunyai kandungan vitamin yang relatif kecil, sehingga bisa dibilang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin kita. Meski demikian, tanaman serai pun mengandung berbagai macam nutrisi yang tentunya bermanfaat bagi kondisi tubuh seseorang.

Baca Juga :   3 Jenis Tanaman Hias Aglaonema, Cantik Dan Indah Untuk Dikoleksi

Selain itu, serai pun oleh sebagian orang dinilai kaya akan manfaatnya. Selain untuk bumbu dapur penyedap masakan serai pun bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan manusia yang dapat menyembuhkan penyakit mulai dari pereda batuk sampai penghangat badan. Bahkan manfaat serai pun dapat mengusir nyamuk hanya dengan batangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.