Kumis Kucing, Tanaman Herbal Kaya Akan Manfaat Yang Jarang DiKetahui

oleh -115 views
cats-whiskers-g16dc8be13_640
Foto : Pixabay

Panennews.com – Kumis kucing merupakan salah satu tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah. Tanaman tersebut tumbuh pada wilayah yang mempunyai iklim tropis, biasanya dapat kita temui pada wilayah Asia Tenggara.

Tanaman dengan nama Ilmiah Orthosiphon Aristatus ini dikenal sebagai tanaman yang kaya akan manfaatnya dan mempunyai beberapa ciri umum seperti semak dengan batang yang cenderung tegak serta terdapat sedikit bulu-bulu halus, sedangkan daunnya berbentuk bulat cenderung lonjong dan tak jarang pun daunnya sering memanjang.

Selain itu, tepi daunnya menyerupai gerigi yang banyak dilapisi oleh bulu-bulu halus dan pada bagian ujung pangkalnya cenderung meruncing tajam. Adapun ciri khas tanaman ini berupa pangkal daun dan bunga kelenjar yang berbulu pendek dengan ukuran berkisar antara 7 – 29 cm.

Baca Juga :   Sisik Naga, Tumbuhan Dengan Kandungannya Yang Bermanfaat

Sementara itu, tanaman tersebut dipercayai mengandung tinggi kalium, glukosida, dan orthosiponon yang bagus untuk meringankan beberapa penyakit dan mampu menurunkan kadar fosfat, dan oksalat didalam tubuh sehingga racun ditubuh akan hilang dengan kandungan yang dimiliki tanaman ini.

Dengan kandungan demikian, banyak orang yang tidak tahu tanaman herbal tersebut dapat dipercayai kemanfaatannya sebagai obat tradisional alami untuk menanggulangi beberapa jenis penyakit seperti halnya menurunkan gula darah, pengobatan radang ginjal, sembelit bahkan reumatik.

Selain itu, tak jarang pun tanaman herbal alami ini dapat digunakan sebagai alat alat kecantikan, karena kealamian dan kandungan manfaat tinggi yang terdapat pada kumis kucing ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.