Selain Banyak Manfaatnya, Tanaman Rumahan ini Juga Hemat Air

oleh -107 views
lidah buaya aloevera
Foto : Pexels

Panennews.com – Lidah buaya adalah spesies tumbuhan berdaging tebal yang bersifat menahun. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Aloe Vera ini disnyalir berasal dari kepulauan Canary di sebelah barat Afrika.

Tanaman ini sering dijumpai pada wilayah iklim tropis, subbtropis, gurun, maupun wilayah disekitaran mediterania.

Lebih lanjut, Aloe Vera sangat dikenal khasiatnya karena pada pelepahnya diperkirakan terdapat berbagai kandungan nutrisi. Biasanya tanaman ini dimanfaatkan untuk bahan kosmetik dan pelembab kulit.

Selain itu, sejak sekitar tahun 300-an SM para ilmuwan kuno mampu mengidentifikasikan bahwa lidah buaya dapat menyembuhkan berbagai keluhan penyakit. Manfaat dari lidah buaya ini diantaranya untuk menyembuhkan luka bakar maupun sariawan.

Baca Juga :   Jahe Merah, Rempah Nusantara Yang Kaya Akan Manfaat

Sementara itu, tanaman ini termasuk dalam suku Liliacae. Ciri dari tanaman ini mempunyai pelepah cenderung kehijauhan bagian atas cenderung cekung berbatang pendek.

Adapun ketinggian batangnya bisa sampai dengan 60 – 100 centimeter. Selain itu, sebagian varietas yang lain memiliki bintik putih pada setiap permukaannya.

Uniknya, tanaman hias ini mampu tumbuh di pot-pot rumah. Hal ini disebabkan karena lidah buaya ini termasuk tanaman yang efisien dalam penggunaan air.

Adapun stomata daunnya yang tertutup rapat mampu menghindari kehilangan air sehingga lidah buaya dapat dikatakan tumbuhan dengan tingkat konsumsi air yang sedikit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.