Jahe Merah, Rempah Nusantara Yang Kaya Akan Manfaat

oleh -214 views
Ilustrasi Jahe Foto pinterest
Ilustrasi Jahe - Foto : pinterest

Panennews.com – Jahe merupakan salah satu varietas rempah dengan bentuk mirip jemari yang mengelembung di sisi tengahnya.

Rasa yang cenderung pedas karena dalam rempah ini mengandung senyawan keton bernama zingeron. Tanaman rimpang yang sangat populer untuk berbagai kebutuhan bahan campuran pengolahan makanan dan juga banyak digunakan sebagai obat herbal.

Dari beberapa jenis jahe yang ada, jahe merah merupakan salah satu jahe yang sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat, khususnya sebagai obat alami.

Dari beberapa literatur yang ada jenis jahe ini mempunyai manfaat sebagai pengobatan alamiah. Kandungan senyawa gingerol dan shogaol pada jahe merah ini dapat meningkatkan imunitas pada tubuh dan antioksidan.

Baca Juga :   Tanaman Nipah Spesies Palem, Buahnya Sebagai Manisan

Selain itu, tanaman rimpang ini juga mampu mengurangi kolesterol, meringankan sakit kepala, hingga mencegah penyakit jantung. Zat Flavinoid pada jahe merah juga diklaim mampu mengobati sakit rematik.

Dengan banyaknya manfaat yang terkandung di dalam nya, maka tak jarang jahe merah menjadi sebuah tumbuhan yang banyak dikonsumsi dan diminati sebagian besar masyarakat. Produk minuman seperti susu, teh, maupun kopi pun tak luput untuk dikembangkan dengan mencampurkan jahe jenis ini.

Selain banyak manfaat, jahe merah juga cukup mudah untuk dibudidayakan. Tak perlu berpikir mempunyai lahan yang luas, dengan penggunaan pot dan polybag saja yang ada di rumah, jenis tanaman ini juga dapat tumbuh dengan baik.

Baca Juga :   Benarkah Hobi Minum Teh Bisa Memperpanjang Umur?

Salah satu yang cukup sukses dilaksanakan penanaman di area rumahan yaitu di sekitar wilayah Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, dengan media polybag. Polybag ini berukuran sedang atau bisa digantikan dengan karung bekas beras dengan tanah yang di campur sedikit pasir serta pupuk organik.

Masa tanamnya dapat mencapai sekitar 8 bulan dan membutuhkan 2500 – 4000 mm pertahun air dengan cuaca berkisar 25 hingga 35 derajat celcius untuk suhu yang cukup baik bagi tanaman ini.

Dengan media tanam polybag atau karung beras berukuran 40×50 cm dapat menghasilkan sekitar 5 kg jahe merah saat panen tiba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.