Jelang Ramadan, Wapres Ma’ruf Amin Pastikan Stok Pangan Tercukupi

oleh -53 views
Wapres-stok pangan
Foto : Tangkapan Layar Kanal Youtube Wakil Presiden Republik Indonesia

Panennews.com – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memastikan pasokan pangan dapat tercukupi jelang bulan Ramadan tahun ini. Hal tersebut ia sampaikan dalam agenda Sapa Petani Milenial dan Penyuluh Pertanian yang dilakukan secara virtual melalui Agriculture War Room (AWR) Kementerian Pertanian (Kementan), Selasa (08/03/22).

Wapres menjelaskan bahwa dirinya telah melakukan peninjauan di Kementan dan memperoleh laporan mengenai ketersediaan bahan pokok, khususnya jelang Ramadan sampai lebaran Idul Fitri.

“Saya melakukan peninjauan di Kementerian Pertanian dan saya memperoleh berbagai penjelasan, utamanya tentang ketersediaan bahan-bahan pokok, khususnya dalam menghadapi bulan Ramadan dan hari raya (Idulfitri). Ini menjadi penting, saya menekankan supaya tidak terjadi kekurangan seperti kemarin terjadi misalnya tidak ketersediaan minyak goreng, kedelai,” ucap Wapres dalam keterangannya.

Baca Juga :   Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kapolda NTT Tanam dan Panen Jagung Hibrida

Lebih lanjut mengenai kenaikan harga bahan pokok yang lazim terjadi di bulan puasa, Wapres mengakui sudah menjadi hal yang umum. Akan tetapi ia mengharapkan agar tidak ada kenaikan harga yang melonjak secara signifikan.

“Biasanya memang pada bulan Ramadan itu ada kenaikan, itu sepanjang dalam batas yang wajar. Karena itu, harus disiapkan langkah antisipasi jangan sampai ada kenaikan yang lebih,” ujar Wapres.

Sementara itu, Wapres juga menekankan perlu adanya kolaborasi antar lembaga terkait dalam penyiapan bahan pokok dan akan mengambil langkah tegas apabila ada gangguan terhadap ketersediaan bahan pokok dan kenaikan harga yang tidak wajar.

Baca Juga :   Agar Tahan Lama, Begini 3 Tips Mudah Menyimpan Tempe

“Saya minta ada semacam kerja sama, kolaborasi, baik dalam rangka penyiapan ketersediaan, maupun juga pengendalian harga, dan siap untuk melakukan intervensi apabila ada yang mengganggu, baik ketersediaan maupun juga kenaikan harga yang tidak sewajarnya,” jelas Wapres.

Pada kesempatan tersebut, Wapres berdialog dan menyapa langsung dengan petani milenial asal Cianjur, petani cabai dari Sumedang, peternak sapi dari Lamongan, serta beberapa penyuluh bidang pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.