Mengenal Katokkon, Cabe Super Pedas Asli Toraja

oleh -250 views
katokkon
Foto : Shutterstock

Panennews.com – Makan tak dibumbui cabai tentu kurang pas pedasnya. Ada banyak jenis cabai yang tumbuh subur di bumi pertiwi Indonesia. Cabai yang dikenal pedas sudah sangat lazim sebagai salah satu bahan pangan untuk dinikmati, utamanya dalam sambal.

Tingkat kepedasan sebuah cabai terhitung dalam satuan SHU (Scoville Heat Unit). Di Indonesia sendiri jenis cabai yang dikenal super ‘hot’ yaitu gendot dan katokkon. Jika gandot berasal dari Jawa Barat, maka katokkon sendiri membumi di Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga :   Bikin Takjub, Ini Deretan Fakta Unik Bunga Kembang Sepatu

Katokkon mempunyai bentuk yang cukup unik, hal ini berbeda dari cabai biasanya dengan bentuk memanjang dan lonjong. Katokkon sendiri hampir mirip dengan paprika, tetapi lebih kecil.

Walaupun seperti minipaprika, tingkat kepedasan dari cabai ini mencapai 400.000 – 691.000 SHU. Maka tak heran jika cabai asal Toraja ini masuk dalam deretan cabai terpedas di dunia.

Cabai ini juga sangat mudah dikenali karena memiliki bentuk dan warna yang mencolok. Dominasi warna merah cerah menjadi ciri utama dari cabai yang superhot ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.