Murah dan Mudah, Cara Membuat Pakan Ayam Bangkok

oleh -76 views
Ayam Ketawa
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Ayam Bangkok merupakan salah satu jenis ayam aduan dengan nilai jual yang tinggi. Namun, dalam pemeliharaan, harga pakan ayam ini cukup mahal. Oleh karena itu, kita akan membahas cara membuat pakan Ayam Bangkok yang mudah dan murah serta bergizi.

Pada usia 0 hingga 3 bulan, Ayam Bangkok akan diberikan konsentrat atau voer. Bahan ini dicampurkan dengan nasi putih, ampas tahu atau dedak serta diberi sedikit air. Setelah itu aduk hingga merata. Sebelum diberikan ke ayam anda, pastikan tekstur lembut dan cukup mengembang.

Pakan Ayam Bangkok dengan usia 4 hingga 7 bulan tidak terlalu berbeda. Namun, konsentrat kali ini diganti dengan jagung dan dicampur dengan dedak, gabah, atau nasi. Anda juga dapat membuat pakan olahan. Cukup memasak nasi putih atau jagung dan ditambah ubi, sayuran, atau tepung ikan.

Ayam Bangkok dewasa (>7 bulan) memiliki sedikit perbedaan. Pada usia ini, ayam disarankan untuk memakan campuran gabah, beras merah atau makanan yang lebih keras lainnya. Namun peternak tetap dapat memberikan pakan seperti ayam lancuran (usia 4 – 7 bulan) sebanyak setengah porsi.

Ayam Bangkok harus diberi makan secara teratur agar berkembang dengan baik. Racikan pakan yang dibuat pun ditujukan sesuai kebutuhan nutrisi ayam. Mudah dan murah bukan? Anda dapat mengikuti cara membuat pakan Ayam Bangkok di rumah untuk ayam kesayangan anda. Selamat mencoba!

Komentar