Cara Menghindari Penyakit Cacing Hati Pada Sapi Potong

oleh -22 views
Hewan Kurban
Foto : Panen News/Amar

Panennews.com – Menjaga kondisi kesehatan hewan ternak seperti sapi potong merupakan hal yang tidak mudah serta membutuhkan tenaga ekstra. Pasalnya, ada banyak penyakit yang biasa menyerang hewan ternak ini. Salah satunya adalah penyakit cacing hati. Oleh karena itu, cara menghindari penyakit cacing hati pada sapi potong sangat penting.

Masalah cacing hati sendiri biasanya terjadi karena masuknya cacing melalui makanan yang masuk ke dalam tubuh sapi. Peran siput dalam penyebaran cacing hati sangat besar karena membawa larva cacing hingga keluar dari siput dan menyebar di rumput.

Baca Juga :   Pleci, Spesies Burung Cantik yang Memikat Hati Pecintanya

Ada beberapa cara untuk mengetahui kondisi hewan sapi yang mengalami cacing hati. Caranya bisa Anda lakukan seperti semacam uji laboratorium dengan mengambil sampel feses sapi. Yang paling mudah bisa dilihat dari ciri fisik sapi yang kurus dan mengalami mencret.

Untuk mencegah penyakit ini, Anda bisa memberikan obat cacing hati secara berkala sesuai kebutuhan ternak. Jangan lupa untuk membersihkan area kandang menggunakan disinfektan agar steril dan layak untuk ditempati.

Pemberian multivitamin juga dianjurkan guna menambah daya tahan tubuh sapi. Pastinya mencegah lebih baik daripada mengobati, oleh karena itu metode pencegahan bisa menjadi cara yang sangat efektif.

Baca Juga :   Udang Vaname, Potensi Budidaya Yang Siap Untuk Ekspor

Merawat hewan ternak memang terkadang cukup berat, terutama hewan ternak konsumsi seperti sapi ini. Dengan begitu, cara menghindari penyakit cacing hati pada sapi potong bisa diterapkan secara maksimal. Karena pastinya merawat hewan terutama sapi dengan baik, nantinya akan memberikan efek bagus dalam waktu lama.

Komentar