Kicauan Indah Kutilang Menjadi Buruan Para Pecinta Burung

oleh -194 views
Burung Kutilang
Foto : Getty Images

Panennews.com – Burung pengicau merupakan jenis burung yang menjadi incaran baru orang yang sangat mencintai akan suara merdu sang burung. Salah satunya yakni Gentilang atau lebih dikenal dengan Kutilang. Tidak hanya dengan kicauannya yang merdu, keindahan dari bulunya pun sangat disukai.

Burung dari famili Pycnonotidae dengan nama ilmiah Pycnonotus aurigaster merupakan masih kerabat dari jenis cucak-cucakan. Memiliki tubuh sekitar 20 cm, bulu kelabu, dan kepala berwarna hitam menambah daya tarik bagi burung tersebut.

Selain itu, burung tersebut kerap dijumpai di tepi jalan hingga di taman-taman kota. Biasanya Gentilang hidup secara berkelompok. Karena gemar akan buah, burung ini menjadi musuh para petani yang sering melubangi buah-buahan mereka seperti pepaya, pisang, dan sebagainya.

Baca Juga :   Kementan Dorong Penyerapan Ayam Ras Peternak Mandiri Mulai Berjalan

Dengan kicauan serta bentuk yang indah, menjadikan burung Kutilang menjadi salah satu jenis burung yang sering dipelihara oleh para pecinta burung. Cara pembudidayaannya juga sangat mudah dan murah sehingga banyak yang memiliki burung tersebut untuk dinikmati kicauan merdunya.

Gentilang banyak ditemui di Cina serta Asia Tenggara namun tidak dengan Malaysia. Khususnya di Indonesia, banyak dijumpai di Bali dan Jawa. Tidak hanya di situ saja, saat ini Gentilang sudah banyak tersebar di daerah Sumatra hingga Papua.

Baca Juga :   Inseminasi Buatan (IB) Berhasil Tingkatkan Populasi Sapi

Penyebaran burung Kutilang di seluruh Indonesia tersebut diakibatkan karena sering diburunya burung tersebut. Dengan sifat yang mudah beradaptasi membuat burung Gentilang mudah untuk berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya secara bebas dan mudah.

Komentar

No More Posts Available.

No more pages to load.