Kolaborasi TNI dan Pemuda Di Temanggung Ciptakan Drone Untuk Pertanian

oleh -55 views
drone hope
Drone Hope - Foto : TV Tani Indonesia

Panennews.com – Kecanggihan teknologi memang sudah merambah ke berbagai sektor dan bidang, tidak terkecuali dunia pertanian.

Jika di Kanada sekelompok pemuda membuat drone penanam pohon (Link Berita : Drone Canggih, Solusi Menanam Pohon Dari Udara), maka di Indonesia pemuda dari Temanggung, Provinsi Jawa Tengah juga tak kalah geniusnya.

Adalah Hope, sebuah drone besutan TMGAC (Temanggung Aeromodelling Club) yang berfungsi untuk penyemprotas pupuk atau pestisida dari udara.

Tak kalah menariknya bahwa komunitas pemuda tersebut dibina langsung oleh anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari KODIM 0706/Temanggung yang dipimpim oleh Letkol. Arm. Yusuf Setiaji, M.SI. tahun 2017 silam.

Di kutip dari TV Tani Indonesia dalam laman Youtube-nya, Letkol. Yusuf mengungkapkan bahwa lahan pertanian di daerah Temanggung cukup luas. Akan tetapi generasi petani dari kalangan pemuda sudah sangat jarang. Selain itu, visi dan misi Kabupaten Temanggung yang akan mengusung pertanian modern juga menjadi pemicu Letkol. Yusuf melahirkan Hope.

Baca Juga :   Mengenal Tanaman yang Menjadi Camilan Favorit, Kacang Tanah

Hope berarti harapan, yaitu harapan masa depan pertanian di Temanggung yang cerah. Drone Hope ini dapat memberikan sebuah solusi baru bagi para petani. Penyeprotan yang dilakukan melalui udara tersebut dapat memangkas waktu penyempota secara konvensional.

Biasanya dalam satu hektar sawah bisa memakan waktu sampai dengan 1-2 hari. Akan tetapi dengan menggunakan drone ini, diklaim bisa menyempot lahan sekitar 4 hektar dalam satu jam dengan kemampuan daya angkut sampai dengan 40 kg.

Selain itu, drone ini juga dibekali perangkat canggih lainnya, seperti GPS dan sensor. Keuntungan lain yang bisa didapat dari alat ini yaitu tidak merusak tanaman, karena proses penyempotannya dari udara, maka tanaman akan tetap aman dan tidak terinjak.

Komentar