Kenali Temulawak Tanaman Obat Tradisional

oleh -58 views
temulawak
Ilustrasi Temulawak - Foto : Freepick/@jigsawstocker

Panennews.com – Temulawak  (curcuma  xanthorrhiza roxb.)  adalah  tanaman  asli  Indonesia yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan dari berbagai penyakit.

Temulawak  dikenal  dengan  nama  Koneng  Gede  (Jawa  Barat),  temolabak  (Jawa Tengah),  temulawak  (Sumatera).

Rata – rata produksi nasional dari temulawak relatif rendah, lebih kurang 10,7 ton/ha , sedangkan untuk varietas unggul bisa mencapai   20 – 30 ton/ha.

Temulawak digunakan sebagai bahan baku obat tradisional yang  berkhasiat  untuk  menyembuhkan  berbagai macam jenis  penyakit.

Dengan keadaan demikian, peluang pengembangan temulawak baik dalam usaha budidayanya maupun usaha Industri  Obat  Tradisional  (IOT)  dan  Industri  Kecil  Obat Tradisional  (IKOT) masih sangat terbuka lebar.

Baca Juga :   Jeruk Manis, Buah Iris yang Sedap Disantap

Tanaman yang termasuk kedalam jenis temu – temuan ini sudah sejak lama dijadikan sebagai bahan ramuan obat tradisional.

Peranan temulawak sebagai obat diketahui dan pemanfaatannya sudah dilakukan sejak dulu hingga sekarang berdasarkan pengalaman turun-temurun.

Kandungan Serta Khasiat Senyawa Alami Temulawak

Kandungan utama rimpang temulawak adalah protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri atas kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin. Kurkumin bermanfaat sebagai antiinflamasi (antiradang) dan antihepatotoksik (anti keracunan empedu).

Jamu temulawak ini diyakini dapat mengatasi pegal linu, rhematik, rasa lelah, diare, wasir, disentri, pembengkakan akibat infeksi, cacar, jerawat, eksim, sakit kuning, sembelit, kurang nafsu makan, radang lambung, kejang kejang, kencing darah, kurang darah dan ayan.

Komentar