Drone Canggih, Solusi Menanam Pohon Dari Udara

oleh -19 views
drone
Ilustrasi Drone - Foto : Pixabay.com/pieonane

Panennews.com – Kecanggihan teknologi memang berkembang pesat di semua sektor kehidupan manusia. Tak jarang teknologi berkembang pada bidang-bidang pertanian, salah satunya inovasi datang dari kecanggihan teknologo drone.

Adalah Flash Forest sebuah start up dari Canada ini mengembangkan teknologi drone sebagai alat untuk menanam pohon dari udara.

Kekhawatiran dari Bryce Jones selaku CEO dari Flash Forest ini karena bumi kehilangan sekitar 13 milyar pohon pada setiap tahunnya. Adapun fungsi dari pohon tersebut adalah paru-paru bumi yang sangat menentukan kehidupan manusia.

Oleh karenanya Jones menganggap bahwa menanam pohon adalah pekerjaan mulia dan serius untuk bisa dikembangkan agar bumi tetap lestari.

Baca Juga :   Ini Dia Spesifikasi Mesin Pengupas Kopi
drone flash forest
Cara Kerja Drone Flash Forest – Foto : Kickstarter.com

Kelebihan teknologi drone ini adalah proses penanamannya yang praktis dan efesien. Ia mengklaim satu drone yang dipiloti satu orang dapat menggantikan 10 orang pekerja konvensional. Sehingga ini akan lebih mudah dan praktis lagi efesien dalam hal pembiayaan.

Cara kerja dari mesin udara ini yaitu dengan pemetaan udara pada titik-titik tertentu yang akan ditanami pohon secara otomatis.

Kemudian drone di isi pod (red: bibit pohon yang berbentuk bulat) yang bisa berisi 3 bibit pohon pada setiap pod-nya. Selain itu dalam pod tersebut juga terdapat kandungan asam dan nutrisi lainnya yang berfungsi semacam pupuk bibit pohon tersebut.

Baca Juga :   Cara Memanfaatkan Barang-barang Bekas untuk Membuat Instalasi Hidroponik

Sehingga pod dengan bibit di dalamnya mendapatkan nutrisi baik untuk dapat bertahan dan berkembang di alam selama lebih kurang 9 bulan lamanya.

Projek yang dijabarkan dalam situs Kickstarter.com ini merupakan projek yang cukup berdampak besar bagi bumi dengan target 1 milyar pohon sampai dengan tahun 2028.

Maka tak heran sampai berita ini di buat, Flash Forest bisa meraup nilai investasi  lebih dari 70.000 USD atau sekitar 900 juta dari sekitar 1.400-an investor yang ada.

Komentar