Dedak Bekatul Ternyata Bisa Menjadi Alternatif Pakan Ikan Lele

oleh -2.082 views
Ilustrasi Pakan Lele Dedak Bekatul Foto pinterest
Ilustrasi Pakan Lele Dedak Bekatul - Foto : pinterest

Panennews.com – Pakan merupakan salah satu komponen penunjang keberhasilan ternak lele. Hal ini karena ikan lele memiliki nafsu makan yang kuat, untuk itu anda sebagai peternak diwajibkan mencukupi kebutuhan pakan setiap harinya.

Pemenuhan pakan pada budidaya ikan lele juga menjadi dilema bagi para pengusaha. Pasalnya, pakan yang dijual dipasaran masih tergolong cukup mahal. Solusi untuk permasalahan itu adalah dengan membuat pakan lele sendiri.

Membuat pakan lele sendiri bisa menjadi cara meminimalisir biaya produksi dalam budidaya. Bagi pembudidaya ikan lele yang membuat pakan sendiri bisa menjadikan ini sebagai bisnis tambahan. Dimana dengan membuat pakan lele sendiri bisa juga untuk diperjual belikan.

Berikut cara membuat pakan ikan lele dengan memanfaatkan dedak bekatul. Diketahui bahwa dedak bekatul terbukti ampuh dalam menunjang pertumbuhan ikan lele.

Selain itu, dedak bekatul juga memiliki harga yang relatif murah, sehingga pengusaha dapat meminimalisir biaya pembelian pakan.

Sebelum memulai membuat pakan ikan dari dedak bekatul, bisa kita ketahui apa itu dedak bekatul terlebih dahulu. Dedak adalah hasil sampingan dari proses penggilingan padi menjadi beras.

Dedak terdiri dari lapisan sebelah luar butir padi dengan beberapa lembaga biji. Sementara bekatul adalah lapisan sebelah dalam butir padi, termasuk sebagian kecil dari lapisan endosperm berpati.

Bahan Bahan Yang Digunakan

Pertama persiapakan dedak bekatul sebanyak 5 kg sebagai bahan utama dari membuat pakan ikan. Kedua siapkan pelet ikan sebanyak 2,5 kg sebagai bahan campuran pakan.

Ketiga persiapakan garam dan minyak sayur secukupnya sebagai pelengkap pembuatan pakan. Keempat sedikan air masak lebih kurang 5 liter beserta wadah sebagai tempat pengolah pakan.

Langkah – Langkah Pembuatan Pakan

Campurkan semua bahan kecuali minyak sayur pada wadah yang disediakan, untuk air ditambahkan sedikit demi sedikit secara berkala. Aduk adonan hingga semua bahan tercampur merata, setelah merata diamkan adonan selama 1 jam. Setelah 1 jam berlalu, bisa tambahkan minyak sayur secukupnya. Kemudian aduk hingga merata.

Setelah prosos itu semua, simpan dan diamkan adonan selama 1 malam. Keesokan harinya adonan sudah siap diberikan kepada ikan lele.

Pemberian pakan dedak bekatul dapat dilakukan secara rutin 2 kali sehari. Agar lebih efektif, berikan pakan saat malam hari agar pertumbuhan ikan lele menjadi lebih cepat.