Mari Mengenal Kambing Etawa Di Indonesia

oleh -44 views
Ilustrasi Kambing Etawa Foto pinterest
Ilustrasi Kambing Etawa - Foto : pinterest

Panennews.com – Kambing etawa adalah jenis kambing yang didatangkan dari India. Kambing ini sendiri di India disebut dengan kambing Jamnapari. Kambing etawa sendiri di Indonesia menjadi pilihan untuk para peternak maupun dikembangbiakan.

Sudah banyak yang mengenal kambing ini karna hasil budidayanya. Bentuk dan struktur tubuh hewan ini hampir sama dengan kambing pada umumnya, namun warna yang dimiliki adalah putih bersih, bulunya pendek, kecuali bagian paha dan kepala.

Tinggi kambing jantan berkisar antara 90 sentimeter hingga 127 sentimeter dan yang betina hanya mencapai 92 sentimeter. Sedangkan Bobot dari kambing jantan bisa mencapai 91 kilogram, sedangkan betina hanya mencapai 63 kilogram.

Dari berdasarkan ciri fisik, ternyata kambing etawa terbagi menjadi beberapa jenis. Diantaranya sebagai berikut.

Kambing Etawa Super

Kambing etawa super merupakan kambing kontes yang mempunya fisik jauh diatas kambing rata – rata. Kambing jenis ini memiliki harga jual yang lebih mahal dari jenis lainnya. Jenis etawa super ini lebih sering ditemui saat berlangsungnya kontes – kontes.

Baca Juga :   Tips Ternak Sapi Totol Hitam Perah Yang Mudah Bagi Pemula

Tetapi yang menjadi kendala dari jenis ini, jarang menemui penjual kambing jenis etawa super, dikarenakan hasil yang didapatkan dari ajang kontesnya bisa meraup omset yang fantastis.

Kambing Etawa Kaligesing

Untuk jenis kaligesing sendiri adalah kambing peranakan dari kambing etawa asal India dengan kambing lokal. Dari namanya yang diambil kaligesing, jenis ini mulai dikembangbiakan di daerah Purworejo, tepatnya di Kaligesing. Ciri – ciri jenis kaligesing memiliki bentuk fisik yang mirip dengan etawa asli. Tetapi perbedaan terdapat pada warna bulunya yang sangat beragam.

Warna bulu yang dimiliki hewan ini bisa coklat, hitam, warna bercak maupun belang. Sering ditemui jenis ini dipelihara sebagai koleksi karena memiliki bulu yang lebat dan lembut. Jenis kaligesing sendiri memiliki kelas kontes tersendiri yang berpusat pada keindahan bulu, corak, dan bentuk fisiknya.

Baca Juga :   Aplikasi Simapi Inovasi dari Dinas Peternakan Boyolali

Kambing Etawa Senduro

Jenis etawa senduro adalah kambing etawa yang memiliki warna utama putih. Kambing ini berasal dari Lumajang, Jawa Timur. Nama senduro sendiri diambil dari nama daerah Senduro, dimana jenis ini mulai dikembangbiakan.

Kambing ini mempunyai postur tubuh yang bagus, tinggi, dan panjang. Kambing etawa jenis senduro mempunyai bentuk ambing seperti layaknya ambing sapi.

Tetapi kambing ini memiliki ciri khusus, yaitu kantong kapur. Kantong kapur membuat ketahanan yang kuat dan menghasilkan susu yang maksimal saat diperah. Kambing jenis inilah yang menjadi andalan dalam produksi susu secara maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *