Minyak Akar Wangi Ternyata Memiliki Efek Yang Baik Untuk Tubuh

oleh -510 views
Ilustrasi Akar Wangi - Foto : pinterest
Ilustrasi Akar Wangi - Foto : pinterest

Panennews.com – Akar wangi (chrysopogon zizanioides) yang masih termasuk jenis rerumputan yang berasal dari India. Tumbuhan yang dapat tumbuh sepanjang tahun ini dikenal banyak orang sejak lama sebagai sumber wangi – wangian. Tanaman rerumputan ini bisa tumbuh subur diiklim panas, mencapai 1 sampai 3 meter tingginya.

Akar dari tanaman akar wangi menghasilkan minyak atsiri yaitu minyak akar wangi. Minyak ini dihasilkan dari penyulingan akar tanaman akar wangi.

Minyak akar wangi memiliki daya fiksasi aroma yang kuat sehingga banyak digunakan terutama dalam industri parfum, kosmetik, aromatherapy dan pewangi sabun.

Baca Juga :   GAPKI Catat Tren Penurunan Ekspor Komoditas Minyak Sawit Indonesia

Dengan nuansa alami  tropis, tak heran jika akar wangi sering dijadikan bahan parfum, pengharum ruangan atau pewangi benda.

Akar wangi paling sering diolah menjadi bentuk minyak esensial untuk berbagai manfaat kesehatan. Diantaranya hasil dari akar wangi yang paling sering dijumpai sebagai berikut.

Mengatasi Radang

Minyak akar wangi punya efek menenangkan yang ampuh untuk meredakan segala jenis radang. Terutama untuk keluhan di sirkulasi darah dan sistem saraf, sedikit minyak akar wangi bisa membuat tubuh terasa lebih nyaman.

Baca Juga :   Usai Pisang Cavendish, Sulsel Targetkan Daerahnya Jadi Penghasil Nanas

Mengatasi Gangguan Susah Tidur

Minyak akar wangi punya fungsi sedatif alias melumpuhkan kesadaran diri, namun tidak berbahaya. Gunakan minyak akar wangi untuk mengatasi kecemasan atau gangguan emosional lainnya yang menggangu kualitas tidur alias insomnia.

Mencegah Infeksi Bakteri

Di negara asalnya India, akar wangi sering dijadikan obat favorit untuk mengatasi pertumbuhan bakteri akibat suhu panas. Masalah luka dan resiko bisa ditangani dengan menggunakan minyak akar wangi untuk mencegah berkembang biaknya bakteri staphylococcus aereus (inffeksi kulit).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.