Manisnya Industri Aren Di Kaltim, Tingkatkan Kesejahteraan Ekonomi Petani

oleh -8 views
Gula Aren
Foto : Freepik

Panennews.com – Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, Ence Achmad Rafiddin Rizal, menegaskan pentingnya pengembangan industri aren.

Adapun demikian, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan petani dan ekonomi masyarakat sekitar. Terlebih, saat ini sebagian ekonomi masyarakat khususnya dikalangan petani kian terpuruk.

Komoditas ini, yang menjadi unggulan Kalimantan Timur, kini menjadi fokus dalam pelatihan pembuatan dan pemasaran gula semut. Produk yang dihasilkan dari tanaman aren sangat beragam, mulai dari nira, gula, kolang-kaling, hingga ijuk.

“Potensi keuntungan yang menjanjikan dari budidaya tanaman ini menjadi salah satu alasan mengapa pembiakan tanaman ini menjadi peluang bisnis yang menarik dalam jangka panjang,” sebutnya pada Pelatihan pembuatan dan pemasaran gula semut di Desa Saka Lotoq Kecamatan Mook Manaar Bulant Kabupaten Kutai Barat Tahun 2024, Jumat (31/05/2024).

Baca Juga :   Mentan SYL Dorong Integrated Farming Kawasan Hortikultura

Kalimantan Timur, dengan varietas lokal aren yang tersebar di berbagai kabupaten, telah menjadi pusat produksi aren yang dikenal.

Permintaan akan produk olahan aren, termasuk gula semut, terus meningkat, membuka peluang peningkatan pendapatan petani dan ekonomi masyarakat.

Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan akan aren mengalami peningkatan signifikan, didorong oleh meningkatnya bahan baku dan peluang pasar dari produk olahan aren.

Peluang ini membuka potensi peningkatan nilai tambah dan daya saing produk olahan gula aren dan turunannya, seperti gula semut, yang dapat meningkatkan pendapatan petani dan ekonomi masyarakat.

Baca Juga :   Festival Ikan Hias Nusantara, Tumbuhkan Industri Ikan Hias Indonesia

“Keberadaan Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Nusantara juga menjadi faktor penting yang meningkatkan permintaan akan produk seperti gula semut” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.