Lundu, Ikan Lokal Perairan Indonesia

oleh -8,987 views
Ikan Lundu atau Keting
Foto : Reddit

Panennews.com – Lundu merupakan ikan lokal yang ditemukan di perairan Indonesia. Sebetulnya ikan yang juga dikenal dengan sebutan ikan keting ini masih satu kerabat dengan lele. Hal itu bisa dilihat dari bentuk yang sangat mirip dan sama-sama masuk golongan ikan air tawar.

Ikan keting memang sangat mirip dengan lele dari bentuknya. Apalagi adanya patil dan kumis pada bagian mulut. Hewan ini pun tidak memiliki sisik sehingga sangat licin serta susah ditangkap. Bedanya keting berukuran lebih kecil dibanding lele. Warna umum ikan ini pun berwarna cokelat.

Baca Juga :   Luar Biasa, Potensi Besar Perikanan Di Provinsi Sulawesi Tengara

Ikan keting memiliki nama latin yakni Mystus nigriceps. Genus mystus memang masuk golongan ikan air tawar seperti lele. Ciri khusus ikan lundu ialah adanya tiga patil dan kumis pada mulut. Di alam liar ikan ini tidak tumbuh terlalu besar hanya mencapai panjang 20 cm.

Ikan jenis ini memang bertubuh tidak terlalu besar. Sehingga mangsa pada habitat aslinya ialah zooplankton maupun larva serangga. Anda dapat menemui di habitat asli di rawa-rawa maupun sungai. Ikan keting suka membuat persembunyian di lubang untuk menghindari predator.

Baca Juga :   Ketahui Budidaya Ikan Dengan Keramba Apung

Saat ini tidak terlalu banyak yang memilih membudidayakannya. Hal demikian mengingat ukurannya yang tidak sebesar ikan lele. Meski sebenarnya olahan ikan jenis ini bisa di masak menjadi sangat lezat dan bergizi.

Itu dia sedikit informasi mengenai ikan lundu. Ikan asli nusantara ini memang kadang mudah ditemui di sungai maupun rawa. Membudidayakannya tidaklah sulit mengingat pola hidup ikan keting yang gampang beradaptasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.