Lahan Kabupaten Gorontalo Ditanami Jagung, Atasi Krisis Pangan

oleh -6 views
230913115551panen_jagung-3
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Lahan Sekolah Calon Bintara (Secaba) yang terletak di Desa Tabongo Barat, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo, ditanami jagung varietas Pertiwi.

Penanaman jagung di lahan tersebut dicanangkan oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, bersama Komandan Korem 133/Nani Wartabone, Brigjen TNI Totok Sulistyono, Bupati Gorontalo, dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kamis (04/04/2024).

“Kegiatan penanaman jagung ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara Kementerian Pertanian dengan TNI dalam rangka mengatasi krisis pangan. Melalui program ini TNI bersama pemerintah daerah bersinergi dan berkolaborasi mewujudkan ketahanan pangan di Provinsi Gorontalo,” kata Totok Sulistyono.

Baca Juga :   Kementan Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi Capai 54 Triliun

Totok menambahkan, setiap Komando Distrik Militer (Kodim) di wilayah Korem 133/Nani Wartabone ditargetkan untuk melakukan penanaman jagung di lahan seluas 200 hektar.

Danrem mendorong setiap Kodim secara bertahap bisa mencapai target tersebut dengan cara menambah areal luas tanam dan pembukaan lahan tidur atau terlantar.

“Terima kasih kepada Danrem dan seluruh jajaran TNI yang telah bersama-sama dengan pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan di Gorontalo. Jika ketahanan pangan kita kuat, resesi apapun masih tetap bisa kita kendalikan,” kata Penjagub Ismail.

Baca Juga :   Luas Panen Terus Bertambah, Sumbawa NTB Surplus Beras

Ismail menegaskan, Pemerintah Provinsi Gorontalo akan mendukung sepenuhnya program ketahanan pangan baik yang dilaksanakan oleh TNI, Polri, maupun pihak terkait lainnya.

Salah satu bentuk dukungan tersebut, Pemprov Gorontalo siap meminjamkan alat mesin pertanian (alsintan) mulai dari pengolahan lahan hingga panen.

“Kami memiliki Brigade Alsintan, silahkan dipinjam dan sewanya gratis. Petani juga kita pinjamkan, setelah dipakai dikembalikan ke Brigade Alsintan sehingga terawat dan bisa digunakan dalam waktu lama,” pungkas Ismail.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.