Petani Temanggung Bagikan 1,700 Paket Sayuran Secara Gratis

oleh -8 views
IMG-20240403-WA0016-1536x1023
Foto : Dok. Pemprov Jateng

Panennews.com – Petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Muda Sejahtera Desa Kataan, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung membagikan 1.700 paket sayuran gratis.

Adapun sasarannya yaitu kepada para pengguna jalan yang melintas di sekitar Alun-alun Temanggung, Kamis (04/04/2024).

Ketua kelompok Tani, Anton Budiyono mengatakan pembagian sayuran ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama mereka yang bukan petani.

“Karena kita mempunyai wujud syukur kepada Allah SWT yang mana pada tahun ini meski di hantam cuaca yang sangat ekstrem, tetapi kita masih bisa panen. Dan kita bersyukur untuk saling berbagi ke sesama masyarakat di Temanggung,” katanya.

Selain itu, Anton juga mengatakan, sayuran ini merupakan hasil panen dari para petani di kelompok tani, serta beberapa sedekah dari petani di Desa Kataan.

Baca Juga :   Irigasi Perpompaan Berdampak Positif Bagi Pertanian

“Dalam setiap paket sayuran ini berisi kubis, sawi, wortel, tomat, bawang merah, bawang putih, dan cabai sret, maupun cabai merah keriting,” imbuhnya.

Lebih lanjut Anton menyampaikan, bakti sosial dengan membagikan sayuran gratis ini telah dilakukan kelompoknya untuk keempat kalinya di bulan Ramadan.

“Kami agendakan setiap tahun bisa melakukan bakti sosial seperti ini, kebetulan saat Ramadan kami sedang panen raya sayuran,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Hortikultura dan Perkebunan, dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Temanggung, Sumarno mengatakan bagi-bagi paket sayuran gratis merupakan partisipasi para petani dalam memenuhi kebutuhan sayur mayur.

Baca Juga :   Operasi Pasar, Warga Bandung Bisa Beli Beras Dengan Harga Terjangkau

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan sosial dari kelompok tani ini, terlebih kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat di sekitar daerahnya” kata Sumarno.

Di sisi lain, lanjutnya, kegiatan ini juga untuk mengenalkan produk pertanian lokal Temanggung, karena selama ini sebenarnya sayur-sayuran di Temanggung juga ada yang datang dari luar daerah, tetapi kali ini, khusus hasil panen dari petani di Temanggung yang dibagikan.

“Paling tidak masyarakat yang mendapatkan paket bantuan ini bisa terbantu untuk masak. Ya, satu dua kali masak dimakan bersama keluarga, dan tentu saja ini sayuran-sayuran segar yang dihasilkan dari lereng Gunung Sindoro,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.