KKP : Pasokan Dan Harga Ikan Jelang Lebaran 2024 Dipastikan Aman

oleh -12 views
Sambut Harkannas Ajak Makan Ikan2
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan pasokan hingga stok ikan menjelang lebaran tahun 2024 aman dan mencukupi pada pasar di seluruh Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Budi Sulistiyo dalam keterangannya, di Jakarta, Minggu (07/04/2024).

Lebih lanjut, dia mengatakan dan menghimbau bahwa masyarakat tidak usah risau dan panik atas ketersediaan ikan selama menjelang lebaran saat ini. Pasalnya, stok ikan pada pasar di sejumlah daerah mencukupi dan aman.

“Saya minta masyarakat tidak usah khawatir atas ketersediaan ikan saat ini, kita bisa berlebaran dengan mengkonsumsi ikan dan bersuka cita serta berkumpul dengan makanan yang enak” ujar Budi Sulistyo.

Dalam hal ini, Budi mengurai stok ikan pada sejumlah pasar dengan rata-rata stoknya mencapai berkisar antara 10 hingga 20 ton stok ikan. Adapun stok ikan itu didominasikan pada jenis ikan cakalang, kembung, bandeng, tongkol, tuna, dan juga salmon.

Baca Juga :   Usai Imlek, Penjual Ikan Bandeng Di Jakarta Tetap Ramai Pembeli

Selain itu, stok tersedia juga pada komoditas perikanan laut hingga budidaya seperti lobster, udang, gurita hingga berbagai jenis ikan laut lainnya.

“Stok ikan dengan rata-rata berkisar antara 10 hingga 20 ton yang didominasikan oleh berbagai jenis ikan seperti bandeng, tongkol, tuna, dan juga salmon. Namun, tersedia juga stok banyak pada komoditas perikanan laut hingga budidaya” tuturnya.

Lebih lanjut, dikatakannya stok ikan tersebut secara kumulatif mencukup hingga aman menjelang lebaran dan saat lebaran nanti.

“Dengan demikian, stok ikan dengan kecukupan angka tersebut kini tergolong aman menjelang lebaran dan saat lebaran nanti” kata Budi.

Baca Juga :   Permudah Pemasaran dan Hasil Tangkapan, Nelayan Lombok Selatan Punya Samsat Perijinan Kapal Ikan

Sementara itu, harga rata-rata ikan ditingkat konsumen Budi mengatakan cukup stabil. Hal ini berdasarkan pantauan timnya yang terjun langsung ke sejumlah pasar untuk memantau harga ikan.

Lebih jauh, harga ikan tersebut pun secara keseluruhan di nusantara tidak ada kenaikan. Oleh sebab itu, harga ikan di Indonesia saat ini bisa dibilang normal dan juga stabil.

“Kita merangkum informasi dari seluruh provinsi di Indonesia, harga ikan tidak ada kenaikan yang melonjak tinggi. Oleh sebab itu, harga ikan sementara di Indonesia kini bisa dibilang normal dan juga stabil” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.