Bisa Bikin Mati, Waspadai Jenis Penyakit Yang Menyerang Ikan Oscar

oleh -9 views
Ikan Oscar
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Ikan oscar merupakan salah satu jenis ikan hias yang tahan terhadap serangan jenis penyakit. Meski begitu, ada beberapa penyakit yang dapat menyerang ikan oscar ini.

Jenis penyakit ini bisa berdampak buruk terhadap produktivitas ikan oscar. Lebih parahnya lagi, ikan oscar yang terserang penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, penyakit ini harus kita waspadai. Adapun jenis penyakit yang harus kita waspadai diantaranya.

Jamuran

Penyakit ini memang terbilang umum yang menyerang ikan hias, salah satunya ikan oscar. Penyakit ini biasanya muncul jamur putih pada bagian tubuh depan ikan oscar, gejalanya tubuh ikan oscar akan mengalami bintik putih. Selain itu, ikan ini juga akan kehilangan nafsu makan serta penurunan produktivitas. Lebih parah lagi, penyakit ini akan menyebabkan kematian terhadap ikan oscar.

Baca Juga :   Keunikan Ikan Molly, Mulai dari Bentuk Hingga Rasa

Bintik Putih

Munculnya bintik putih pada ikan oscar, tentunya akan mengalami penurunan produktivitasnya. Pasalnya, bintik putih ini disebabkan karena adanya virus yang menganggu perkembangan tubuh ikan itu sendiri. Di sisi lain, penyakit bintik putih ini bisa menyebabkan ikan oscar stres hingga kematian yang begitu cepat. Oleh sebab itu, penyakit ini tentunya harus kita waspadai semaksimal mungkin.

Sisik Lepas

Penyebab utama terjadinya penyakit sisik lepas yaitu adanya aktifitas mekanis ikan yang tidak sesuai. Misalnya, menaruh ikan oscar pada akuarium yang sempit. Karena sempitnya ini, bisa menyebabkan sisik ikan lepas dari tubuhnya. Gejala sisik lepas ini, bisa menyebabkan stres hingga kematian cepat. Oleh karena itu, penyakit ini tidak boleh dianggap remeh dan harus diwaspadai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.