Stok Capai 380 Liter, Produksi Susu Sapi Di Batang Alami Peningkatan

oleh -6 views
Susu Segar
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Diskutkanak) Kabupaten Batang terus melakukan pemantauan pengiriman susu ke pabrik Nestle Indonesia yang ada di Kabupaten Batang.

“Bahwa kami selalu melakukan pemantauan penyetoran susu ke pabrik Nestle Indonesia yang menggandeng mitra peternak sapi untuk menghasilkan kualitas produk susu segar,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dislutkanak Batang Syam Manohara saat ditemui di kantornya, Kamis (14/03/2024).

Total ada 17 peternak sapi yang berhasil memproduksi susu segar berkualitas dari 20 ekor sapi yang sudah laktasi di dua desa yakni Desa Semampir dan Desa Pacet serta 23 ekor sapi yang sedang bunting.

Baca Juga :   Jelang Iduladha Lalu Lintas Hewan Ternak Meningkat, Barantan Perkuat Pengawasan

“Dalam perkembangannya, peternak sapi yang menyetor susu ke pabrik Nestle yang awalnya hanya 200 liter setiap 2 hari,” katanya.

Sejak 1 Januari 2024 mulai ada peningkatan menjadi 380 liter setiap 2 hari dan rencananya akan terus bertambah sesuai dengan bertambahnya populasi sapi perah yang laktasi.

“Sementara ini, rata-rata produksi susu segar yang ada di Desa Semampir dan Desa Pacet sekitar 10 sampai 14 liter per ekor sapi perah,” terangnya.

Lebih jauh, kami akan terus melakukan pemantauan karena ini sebagai pilot project pengembangan sapi perah yang nantinya hasil susu akan diambil oleh pabrik Nestle.

Baca Juga :   Melirik Peluang Usaha Domba Garut Yang Prospektif

“Semoga adanya potensi penghasil susu segar yang disetorkan ke pabrik Nestle bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para peternak,” ujar dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.