Mengenal Belanak, Ikan Laut Yang Enak Untuk Di Konsumsi

oleh -14 views
fresh fish on the ice market place
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Belanak merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki habitat di laut. Biasanya jenis ikan ini kerap kita jumpai pada laut wilayah iklim tropis maupun sub tropis.

Ikan belanak itu sendiri memiliki nama Ilmiah Crenimugil Seheli yang masih tergabung ke dalam suku famili dari Mugilidae. Di sejumlah negara, ikan ini kerap jadi konsumsi sehari-hari.

Secara morfologi, karakteristik ikan belanak ini cenderung mirip dengan ikan bandeng. Namun, ada perbedaan yang cukup banyak pada mereka.

Adapun ikan belanak ini memiliki tubuh yang lebih ramping cenderung gepeng. Panjang tubuh dari ikan belanak ini hingga mencapai kisaran antara 30 cm untuk dewasa, sedangkan anakannya punya ukuran 20 cm.

Baca Juga :   Begini Lho Cara Budidaya Ikan Patin Yang Baik Dan Benar

Selain itu, ikan belanak ini juga mempunyai sirip punggung yang terdiri dari 1 jari-jari keras dengan 8 jari-jari lemah. Biasanya sirip punggung yang terdiri dari beberapa jari tersebut berada pada bagian duburnya.

Lebih lanjut, seluruh tubuh ikan belanak ini pada lazimnya memiliki warna perak jika mencapai usia dewasanya. Sedangkan ikan belanak anakan mempunyai warna perak yang lebih dominan warna putih.

Sementara itu, ikan belanak ini mempunyai daging dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Di samping itu, kandungan nutrisi ikan belanak ini biasanya terdapat protein, omega 3, hingga karbohidrat.

Baca Juga :   KKP Perkuat Pengawasan Zona Penangkapan Ikan Terukur

Lebih jauh lagi, tekstur dagingnya pun tergolong empuk. Di satu sisi, daging ikan ini juga cenderung lezat untuk menjadi konsumsi sehari-hari. Oleh sebab itu, ikan ini pun terbilang enak untuk di konsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.