Atasi El Nino, Kementan Integrasi Tanaman Kelapa Dengan Padi Gogo

oleh -9 views
IMG-20240307-WA0018
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meminta seluruh jajarannya agar menjaga ketahanan pangan dan sigap atasi dampak perubahan iklim.

Salah satunya dengan mengoptimalkan lahan perkebunan dengan tanaman pangan seperti padi maupun jagung.

Sejalan dengan arahan Mentan, Direktorat Jenderal Perkebunan lewat Program KESATRIA, lakukan tanam Padi Gogo di lahan perkebunan kelapa di Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

“Program ini kita laksanakan sebagai upaya mengoptimalkan lahan perkebunan kelapa dan menambah penghasilan bagi pekebun. Perkebunan punya potensi lahan perkebunan yang luas, ini harus kita optimalkan dan maksimalkan,” ujar Andi Nur Alam Syah Direktur Jenderal Perkebunan, saat melakukan tanam padi gogo di lahan perkebunan kelapa secara langsung, Kamis (07/03/2024).

Baca Juga :   Barantan Awasi Pemasukan Produk Pangan Pertanian Jelang Lebaran

Andi Nur menegaskan, kita harus sigap dan responsif terhadap kondisi iklim yang tidak menentu. Tentu ini tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, butuh kolaborasi semua pihak demi perkuat ketahanan pangan, dan ini hanya dapat tercapai apabila kita saling berkolaborasi dan bekerjasama.

Pada moment tersebut, Andi Nur mengapresiasi Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah dan Kelompok Tani Giriroto VI, Desa Giriroto, Kec. Ngemplak, Kab. Boyolali yang telah melaksanakan kegiatan KESATRIA.

“Atas nama Kementerian Pertanian saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung gerakan tanam padi ini. Gerakan tanam ini tak hanya sekadar tanam benih padi semata, tetapi juga tanam keyakinan dan komitmen, bersama kita mampu ciptakan perubahan positif demi wujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia,” harap Andi Nur.

Baca Juga :   Alat Teknologi Rice Transplanter Yang Memudahkan Petani

Andi Nur berharap sekali untuk dapat mendukung program ketahanan pangan disaat krisis global. Kita dorong lahan perkebunan Kelapa atau Kelapa Sawit untuk ditanam tanaman sela yaitu padi gogo. Saya juga mengajak untuk mensukseskan tumpang sari dengan menanam padi gogo sebagai langkah strategis mengantisipasi dampak El Eino.

Kementan mencatat ada potensi lahan 12 ribu ha yang dapat ditanami padi gogo tersebar di kawasan perkebunan kelapa di wilayah Jawa Tengah. Salah satu kontribusi sektor perkebunan adalah padat karya yang terbukti mampu menurunkan kemiskinan dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.